Advertorial

Kurangi Penggunaan Sampah Plastik, Karta Dasa Mulya Bagikan Sembako Pakai Besek

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Berbagi secara kreatif ditunjukkan oleh Karang Taruna (Karta) Dasa Mulya ketika digelarnya Pasar Heppiii pada Minggu lalu (21/3). Saat itu mereka menjual banyak paket sembako kepada warga di Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Menariknya paket sembako itu diwadahi besek dengan variasi pita batik. ‘’Kami merasa perlu menggunakan besek sebagai wadah paket. Karena ini (besek) ramah lingkungan. Dengan demikian, penggunaan sampah plastik bisa dikurangi,’’ kata Ketua Karta Dasa Mulya Desa Candimulyo, Muhammad Ali Akbar.

Besek tersebut dipesan dari para perajin anyaman bambu di Desa Dagangan melalui Karta Persada Dagangan. Harganya Rp 1.000 per buah. Sedangkan, tali pitanya merupakan hasil karya perajin batik tulis di Desa Candimulyo.

Ali mengatakan secara tidak langsung Karta Dasa Mulya ikut membantu membangkitkan UMKM di Desa Dagangan. ‘’Selain itu, melalui pita yang menjadi variasi pada besek, kami juga ikut andil mengenalkan batik tulis khas Desa Candimulyo,’’ imbuhnya.

Kegiatan Pasar Heppiii di Desa Candimulyo itu berlangsung di lima dusun. Meliputi Dusun Krajan, Jatirejo, Bulu, Ngendel, dan Sidowayah. Total 1.500 paket sembako ludes terjual. Bagi masyarakat yang membeli paket sembako itu kemudian mendapat kupon undian untuk kemudian ditukar dengan beras, gula, minyak goreng, atau kopi. ‘’Penjualan paket dilakukan dengan cara door to door,’’ kata Ali.

Terpisah, Koordinator Heppiii Community Madiun Tri Prasetyanto mengapresiasi hasil kerja sama antara Karta Dasa Mulya Desa Candimulyo dengan Karta Persada Dagangan. Menurutnya, kolaborasi itu menunjukkan bahwa dua karta tersebut saling mendukung satu sama lain.

‘’Penggunaan besek sebagai wadah paket sembako dalam kegiatan Pasar Heppiii oleh Karta Dasa Mulya ini tidak hanya menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Tetapi mereka juga berkolaborasi dengan Karta Persada Dagangan sekaligus membantu para perajin anyaman bambu di Desa Dagangan. Ini sungguh merupakan rangkaian aktivitas yang sangat bernilai,’’ ujarnya. (*/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button