Ponorogo

KUA Siman Diobok-obok Pencuri, Ratusan Buku Nikah Raib

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kantor Urusan Agama (KUA) Siman diobok-obok maling Kamis dini hari (12/12). Ratusan buku nikah raib. Pelaku juga menggasak satu unit laptop. ‘’Sempat terekam CCTV,’’ kata Kepala KUA Siman Rusmawardi.

Berdasarkan rekaman CCTV, pelaku beraksi sekitar pukul 00.00. Tampak di kamera pengintai, si panjang tangan beraksi seorang diri. ‘’Pelaku masuk lewat jendela di ruangan kepala,’’ ujarnya sembari menyebut di kantornya tak ada penjaga malam.

Sebelum keluar dari ruangan kepala, lanjut dia, pelaku mencongkel laci mejanya. Sebanyak 203 buku nikah di dalamnya dibawa kabur. Sejumlah laci meja lain dan lemari juga diobrak-abrik si pencuri untuk mencari barang berharga lain, namun tidak menemukan.

‘’Hanya buku nikah yang dibawa dari ruang kepala,’’ sebutnya. ‘’Setelah dari ruangan itu, pelaku menuju ruang operator dan mengambil satu unit laptop,’’ beber Rusmawadi.

Kemarin pagi dia didampingi sejumlah pegawainya melapor ke Polsek Siman. ‘’Harganya berapa (buku nikah) saya tidak tahu karena itu kan dari pemerintah. Kalau bulan ini ada warga yang mau menikah, masih ada buku nikah yang tersisa. Jadi, pelayanan tetap lancar,’’ tuturnya.

Kapolsek Siman AKP Dwi Agus Cahyono mengungkapkan, rekaman CCTV dari KUA Siman menjadi petunjuk penting untuk mengungkap pelaku. Setidaknya, perawakan dan pakaian yang dikenakan bisa dikenali.

Dari hasil olah TKP, polisi menemukan sejumlah jejak tertinggal pelaku. Di antaranya, bekas congkelan di jendela dan pintu, meski belum dipastikan jenis alat yang digunakan. ‘’Masih kami selidiki dan kembangkan dulu,’’ ujarnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close