Ngawi

Krisis Air Bersih Mulai Mendera

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Musim kemarau mulai memunculkan masalah. Di Desa Kerek, Ngawi, misalnya, sebagian wilayah mulai mengalami krisis air bersih. ‘’Saat musim kemarau kami mengandalkan air dropping dari BPBD,’’ kata Yatmini, salah seorang warga Dusun Napel, Senin (24/8).

Dia menjelaskan, krisis air bersih sudah menjadi fenomena rutin di dusunnya saban musim kemarau sejak puluhan tahun silam. Itu tidak terlepas dari geografis setempat yang berupa perbukitan kapur. ‘’Jika tak ada dropping, kami biasanya mengambil air dari sumber yang jaraknya sekitar dua kilometer dari sini,’’ bebernya.

Kepala Dusun Napel Mujimin mengaku berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi krisis air bersih. Salah satunya melalui program Pamsimas berupa pembuatan sumur dalam. ‘’Tapi, saat kemarau panjang biasanya mengering,’’ ungkapnya.

Menurut Mujimin, sejak tiga tahun terakhir pasokan air bersih dari BPBD cukup bisa diandalkan. Namun, hal itu terkendala minimnya bak penampungan. ‘’Kalau baknya ditambah tentu persediaan airnya lebih banyak,’’ pungkasnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close