Magetan

Kreativitas Prastowo Mengolah Limbah Kertas Jadi Karya Seni

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tumpukan limbah kertas memenuhi salah satu sudut rumah Prastowo di Desa Sobontoro, Kecamatan Karas, Jumat (18/9). Saat itu dia sibuk meremas-remas bubur kertas lalu menempelkannya pada selembar kanvas. Remasan bubur kertas itu rupanya membentuk relief tokoh wayang kulit. ‘’Setelah reliefnya terbentuk, lalu diberi warna,’’ ujar pria 47 tahun tersebut.

Prastowo sehari-hari bekerja serabutan. Menjadi kuli bangunan pun dia lakoni. Ketika pandemi Covid-19 melanda, pendapatannya menjadi tak menentu. Akibat sepi job, Prastowo ingin mengisi waktunya dengan membuat kerajinan. ‘’Kemudian saya kepikiran, waktu kecil pernah membuat kerajinan dari bubur kertas. Itu coba saya praktikkan,’’ katanya.

Dia lantas mengumpulkan kertas-kertas tak terpakai di rumah. Daripada dibuang atau dijual dengan harga rendah. Keisengan Prastowo ternyata membuahkan hasil yang lumayan. Siapa sangka, karyanya laku terjual hingga ratusan ribu rupiah. ‘’Temanya macam-macam, mulai dari tokoh pewayangan sampai pemandangan,’’ jelas Prastowo.

Keisengan itu pun terus ditekuni Prastowo hingga kini. Dia mulai mematok harga antara Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu per karya, tergantung ukurannya. ‘’Pemesan banyak dari Kediri, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, juga Bogor. Bahkan yang dari Bogor datang ke rumah dan langsung membawa pulang,’’ ungkapnya. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button