PacitanPolitik

KPU Atur Debat agar Paslon Tak Banyak Bicara

Adu Gagasan demi Masa Depan Pacitan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Saatnya kandidat cabup-cawabup Indrata Nur Bayuaji-Gagarin dan Yudi Sumbogo-Isyah Ansori beradu gagasan. Kedua pasangan calon (paslon) itu akan memaparkan programnya mengenai cara memajukan daerah untuk kesejahteraan rakyat, malam nanti (27/10).

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini mengatakan, tidak ada penyampaian kisi-kisi kepada paslon sebelum debat. Pihaknya memastikan pertanyaan yang telah dibuat oleh para pakar dan akademisi mengenai tema debat tak sampai bocor ke pihak mana pun. ‘’Netral, tidak memihak, dan bersifat rahasia,’’ kata Rini, sapaan Sulis Styorini, Senin (26/10).

Debat publik yang digelar di Gedung YABI itu terdiri enam segmen. Pada segmen pertama, masing-masing paslon diberikan hak untuk memaparkan visi dan misi. Segmen selanjutnya, moderator akan menyampaikan pertanyaan kepada kedua paslon. Lalu, ada segmen paslon saling melontarkan pertanyaan untuk kemudian dijawab singkat.

Rini menyebut setiap segmen dibatasi waktu. Tujuannya agar paslon tidak banyak bicara di depan panggung debat. Sementara, agar pelaksanaan debat tidak riuh, KPU membatasi tamu undangan. Hanya komisioner KPU, Bawaslu, paslon, dan liaison officer (LO) yang boleh berada di arena debat. ‘’Kami berharap kesempatan debat dimanfaatkan maksimal oleh paslon. Terutama dalam memaparkan visi misi dan langkah mereka memajukan Pacitan ke depan,’’ tuturnya. (gen/c1/her)

Sama-Sama Modal Pede

KEMAMPUAN masing-masing cabup-cawabup diuji publik hari ini (27/10). Mereka bakal saling adu pendapat soal isu memajukan daerah untuk menyejahterakan rakyat. ‘’Tidak ada yang istimewa dalam persiapan kami menghadapi debat besok (hari ini, Red). Karena semua sudah jadi perencanaan sejak awal,’’ kata Heru Setyanto, ketua Tim Pemenangan Yudi Sumbogo-Isyah Ansori (Mbois) Senin (26/10).

Dia meyakini Mbois sudah siap menghadapi pertanyaan moderator. Karena sebelumnya memang telah diprogramkan. Sehingga, pihaknya beranggapan tidak perlu ada yang harus dipelajari. ‘’Kami sama-sama tahu tentang Pacitan. Jadi, tahu seperti apa program yang dinilai cocok. Sehingga, mengalir saja,’’ ujar politisi PDIP itu.

Terpisah, Ketua Bidang Logistik Tim Pemenangan Indrata Nur Bayuaji-Gagarin Arif Setia Budi memastikan tidak ada persiapan khusus menghadapi debat perdana. Sebab, program yang menjadi prioritas dalam pencalonan Aji-Gagarin telah melalui pemikiran dan proses yang panjang. ‘’Persiapan sudah. Hanya memantapkan visi misi program sesuai dengan aspek yang diminta KPU,’’ katanya.

Karena semua sudah terprogramkan, Aji-Gagarin kemarin menyempatkan bersafari tatap muka dengan warga di Donorojo sebelum debat. Arif memastikan kampanye itu tidak sampai memengaruhi persiapan debat mereka. ‘’Jadi, mereka telah melakukan pendalaman terhadap item-item yang nanti akan diperdebatkan,” terang politisi Partai Demokrat tersebut. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button