Madiun

KPK Ajukan Lelang Ulang Mobil Mewah BI

MADIUN – KPK berencana mengajukan lelang ulang kendaraan mantan wali kota Madiun, Bambang Irianto (BI). Setelah sebelumnya pada Agustus 2018 lalu, dari empat mobil mewah BI yang dilelang hanya satu unit yang laku. ’’Yang sudah laku adalah Jeep Wrangler,’’ kata Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rubasan) Surabaya, Suwanto saat dikonfirmasi Selasa (25/6).

Saat ini, kata dia, hanya tinggal tiga mobil mewah milik mantan wali kota Madiun itu yang berada di Rubasan. Terdiri dari Range Rover tahun 2011, Mini Cooper tahun 2010, dan Hummer tipe H2 tahun 2010. Sebelumnya mobil itu sempat dilelang tahun lalu. Tetapi tidak laku karena harga limitnya kelewat mahal. Mulai dari Rp 358 juta sampai Rp 2,3 miliar. ’’Masih proses appraisal lagi dari KPKNL. Karena sebelumnya kan gagal (lelang). Mereka nanti yang akan memproses lelangnya,’’ ujar Suwanto.

Suwanto menyarankan KPK kembali berkoordinasi dengan KPKNL untuk menurunkan limit harga ketiga mobil tersebut. Meski begitu, pihaknya menjamin soal dokumen administrasi kendaraan itu lengkap. ’’Biasanya setelah enam bulan lelang (pertama) nanti akan diajukan lagi olek KPKNL,’’ terangnya.

Dia menjelaskan KPKNL yang bakal menilai harga lelang mobil tersebut. Begitu juga lelang akan diselenggarakan oleh mereka. ’’Kami hanya ketempatan saja,’’ jelasnya.

Berdasarkan syarat lelang barang rampasan dari hasil tindak pidana korupsi (tipikor), ada beberapa ketentuan yang mesti dipenuhi oleh penawar. Seperti kewajiban menyetorkan uang jaminan. Uang itu akan dikembalikan 100 persen ke peserta yang ditunjuk sebagai pemenang lelang.

Selain mobil, aset lainnya milik mantan wali kota Madiun yang sedianya bakal di lelang ulang adalah sebidang tanah dan bangunan di Jalan Sikatan, Kelurahan Nambangan Lor, Manguharjo seluas 4.002 meter persegi. Serta dua bidang tanah di Jalan Tanjung Raya, Kelurahan Manisrejo, Taman. Masing-masing seluas 493 meter persegi dan 2.769 meter persegi. Aset tanah yang disita oleh KPK itu sempat dilelang tahun lalu, tetapi semuanya belum laku. (her/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close