Madiun

Kota Pendekar, Jargon Baru Kota Madiun?

HALO warga Kota Madiun. Gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Kali ini kita akan bahas masalah julukan atau nama lain Kota Madiun. Pasti semua sudah tahu atau minimal pernah dengar kalau Kota Madiun memiliki berbagai nama beken.

Sudah lazim jika sebuah kota memiliki julukan unik sebagai ciri khas dari sesuatu yang ada dan berkembang di kota tersebut. Begitu pun Kota Madiun.

Namun, tidak bisa dimungkiri jika banyaknya julukan Kota Madiun membuat masyarakat bertanya-tanya, mana sih yang sah?

Karena yang selama ini dikenal masyarakat, Kota Madiun memiliki julukan-julukan seperti Kota Pecel, Kota Sepur (Kereta Api), Kota Sastra, Kota Budaya, Kota Gadis, Kota Karismatik.

Dan pada awal pergantian pemerintahan, sebuah nama baru muncul ke permukaan. Kota Pendekar.

Dari sini, yuk kita kupas sedikit-sedikit.

Pendekar sebenarnya merupakan akronim dari pintar, melayani, membangun, peduli, terbuka dan karismatik. Dan masing-masing mempunyai makna.

Sampai di sini muncul pertanyaan, Kota Pendekar itu sebenarnya julukan/nama lain yang baru dari Kota Madiun sebagai pengganti jargon Kota Karismatik atau bagaimana?

Kasih tau gak ya? Hehehe.

Iya deh, sedikit bocoran aja ya. Sebenarnya, jargon Kota Pendekar saat ini sedang dalam proses menjadi sebutan resmi bagi Kota Madiun. Arahnya ke situ, alias menuju ke situ.

Jika selama ini masyarakat banyak yang meyakini bahwa Kota Pendekar menjadi pengganti julukan Kota Karismatik, bagi saya oke aja sih. Karena Kota Madiun, bahkan semua kota/kabupaten, memang sudah lazim punya jargon yang ada maknanya berkaitan dengan daerahnya masing-masing.

Nah, ketika mungkin kata “karismatik” itu ada yang menganggap bias atau punya banyak makna; bisa wibawa, bisa memesona, bisa ini bisa itu. Pendekar bisa menjadi jargon yang lebih bisa dipahami maknanya. (*)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button