Madiun

Kota Madiun Sabet Penghargaan Daerah Peduli HAM

BANDUNG, Jawa Pos Radar Madiun РStatus sebagai kota peduli HAM disandan oleh Kota Madiun. Itu setelah pada Selasa  (10/12) lalu, Wawali Inda Raya Ayu Miko Saputri menerima penghargaan dari Kemenkumham. Piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Dirjen hukum dan HAM Mualimin Abdi di Bandung.

Menurut Inda Raya, pemberian penghargaan ini sebagai bukti Pemkot Madiun telah mengakomodir pemenuhan terhadap semua kebutuhan hak dasar bagi masyatakat. Di antaranya melalui program dan kegiatan yang bersinergi antara RPJMD 2019-2024 dengan perencanaan pembangunan provinsi serta pemerintah pusat.

Adapun beberapa program pemenuhan peduli HAM yang sudah dilakukan adalah sudah terpenuhinya ruang menyusui dan jaminan kesehatan bagi masyarakat Kota Madiun. Kemudian pendidikan gratis bagi seluruh siswa SD-SMP negeri, dan tersedianya pelatihan tenaga kerja. “Ada tujuh hak yang selama ini sudah dipenuhi oleh pemkot,” kata Inda Raya.

Pemenuhan hak itu meliputi berbagai bidang. Antara lain, hak kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan, serta lingkungan. Seperti menyediakan fasilitas olahraga dan bermain. Meliputi ruang terbuka hijau serta penerangan lampu jalan. “Kami berharap dengan adanya penghargaan ini bisa menjadi pelecut untuk meningkatkan pemenuhan hak di berbagai bidang lainnya,” harap wawali. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close