Madiun

Kota Madiun ’’Berbunga-bunga’’ ala Negeri Sakura

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Nuansa Negeri Sakura saat ini tengah melingkupi Kota Madiun. Itu bersamaan bermekarannya bunga tabebuya di tepian sejumlah ruas jalan. Kembang tanaman endemik Brasil itu ada yang berwarna putih. Ada pula yang berkelir ungu dan pink.

Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas RTH, PJU, dan Pemakaman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jemakir mengatakan, saat ini di Kota Madiun terdapat sekitar 2 ribu pohon tabebuya. Perinciannya, 1.200 jenis daun kecil dengan bunga warna kuning. Sedangkan 800 lainnya daun besar dengan bunga putih, kuning, dan pink.

Tabebuya jenis daun kecil, lanjut Jemakir, memiliki karakter bunga yang baru rontok dalam dua bulan. Sementara, jenis daun besar tiga minggu sudah berguguran. ”Periode mekarnya pada Maret dan Oktober. Siklusnya enam bulan di akhir musim hujan dan mendekati akhir kemarau,’’ ungkap Jemakir, Selasa (5/10).

Jemakir mengatakan, pohon tabebuya di Kota Madiun rata-rata berusia 1,5 tahun. Jenis tanaman yang sepintas mirip sakura itu tersebar di berbagai titik. Paling banyak di Jalan Bali, Dawuhan, dan Serayu. ‘’Tahun ini ada pengadaan sekitar 100 pohon tabebuya,’’ ujarnya.

Selain tabebuya, berbagai jenis tanaman lainnya juga ditanam untuk mempercantik pemandangan di ratusan ruas jalan Kota Madiun. Mulai bungur, kamboja, jacaranda, bugenvil, sakura, rawelia, rombusa, marigold, lantana, santos lemon, canna, hingga anggrek tanah. (irs/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button