Pacitan

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Worawari Pacitan Ditahan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Warsito harus berurusan dengan kepolisian. Mantan Kades Worawari, Kebonagung, itu disangkakan telah melakukan tindak pidana korupsi. Aksinya dilancarkan enam kali yang terpecah dalam tiga tahun berbeda selama menjabat kepala desa.

Kasus pertamanya berupa proyek fiktif pada 2016. Kala itu, Worawari mendapat bantuan keuangan (BK) Rp 20 juta dari pemkab untuk pembangunan serambi masjid di Dusun Ngrampal. Namun, proyek tak dijalankan. ‘’Program itu tidak dilaksanakan tapi dilaporkan selesai,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Selasa (10/8).

Di tahun berikutnya, alokasi dana desa Rp 25 juta untuk penyertaan modal BUMDes diduga kembali ditilap. Anggaran desa Rp 50 juta untuk pembuatan tambak udang serta bantuan keuangan dari pemkab Rp 30 juta untuk pembangunan talut di Dusun Ngrampal ditengarai turut masuk kantong pribadi. ‘’Tentu hal ini sangat merugikan,’’ ujarnya.

Di akhir masa jabatan 2018 silam, aksi serupa kembali terulang. Dua kegiatan yakni rabat jalan serta pembangunan jembatan di dua tempat berbeda senilai Rp 55 juta kembali raib. Pun, dari enam kasus korupsi itu membuat negara merugi hingga Rp 180 juta. ‘’Sementara ini tersangkanya masih satu, tapi terus kita kembangkan,’’ tegas Wiwit. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button