Ponorogo

Kontrak Kerja Habis, 269 Pekerja Migran Asal Ponorogo Pilih Mudik

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Gelombang pekerja migran Indonesia (PMI) terus berdatangan ke Ponorogo. Dalam sebulan terakhir terhitung 269 pahlawan devisa pulang ke kampung halaman. Jumlah kedatangan diprediksi terus bertambah lantaran Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ponorogo Bedianto berhitung ada 6.000 PMI yang habis kontrak kerjanya tahun ini.

Ibed –sapaan Bedianto mengaku proses pemeriksaan ketat dilewati para pekerja migran itu untuk pulang. ‘’Kalau semisal ditemukan strain baru dari kedatangan para pekerja migran tersebut mereka akan ditangani lebih dulu oleh pemprov. Karena mereka dulu yang melakukan testing,’’ katanya.

Selama ini, menurutnya, alur kedatangan PMI diawali di Bandara Juanda Surabaya. Kemudian mereka diisolasi di Asrama Haji Sukolilo usai di tes PCR. Nah, petugas dari kantor disnaker masing-masing kabupaten atau kota kemudian menjemput PMI itu ke Surabaya.

Setibanya di daerah, mereka lalu diserahkan ke satgas Covid-19 tingkat desa atau kelurahan. Belum boleh langsung pulang ke rumah, pekerja migran itu wajib menjalani isolasi tiga hari di kantor desa sebelum tes swab lagi. ‘’Ketika hasil tes negatif, menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,’’ jelas Ibed sembari menghitung masa karantina di tanah air nyaris selama tiga pekan. (mg4/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button