News

Konsep Smartphone Layar Geser Bocor, Bos Samsung: Pengembangan Jangka Panjang Diperlukan

×

Konsep Smartphone Layar Geser Bocor, Bos Samsung: Pengembangan Jangka Panjang Diperlukan

Share this article

Samsung memperkenalkan konsep perangkat sliding dan foldable bernama Flex Hybrid OLED. Konsep tersebut diresmikan pada ajang CES 2023 pada awal Januari lalu menurut balitteknologikaret.co.id ini.

Roh Tae-hyun, presiden dan kepala unit bisnis Mobile eXperience Samsung Electronics, membenarkan bahwa perusahaan masih mengembangkan perangkat dengan konsep layar geser. Dia tidak mengungkapkan tanggal rilis untuk perangkat tersebut.

Konsep layar geser membutuhkan waktu lama untuk dikembangkan sebelum diselesaikan. Dan misalnya, ketika meneliti dan mengembangkan Galaxy Z Fold, seri Galaxy Z Flip adalah ponsel dengan layar yang dapat dilipat.

“Saat ini Galaxy Z series sudah memasuki generasi ke-4, dan generasi pertama (launch) di tahun 2019. Akhir-akhir ini.

Contoh yang dijelaskan oleh kepala Samsung Mobile menunjukkan bahwa proses pengembangan perangkat Flex Hybrid OLED juga memakan waktu.

Memang butuh waktu, namun Roh Tae-moo mengakui bahwa grup tersebut terus bekerja keras untuk menemukan konsep akhir perangkat fleksibel tersebut. Dijelaskannya, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan, seperti model perangkat lunak yang digunakan.

Seperti konsep baru kami, itu akan memakan waktu, tetapi kami akan bekerja keras, katanya.

TM Roh tampaknya enggan memberikan pengalaman buruk kepada pelanggannya. Salah satunya adalah fokus mengembangkan ponsel sliding lipat ini.

“Kami akan merilis produknya jika sudah siap dan waktunya sudah tepat,” ujarnya.

CEO Roh Tae-moo yang fokus memaksimalkan peran perangkat masa depan selama masa pengembangan yang panjang, berharap Flex Hybrid OLED akhirnya menjadi pilihan pengguna Samsung.

“Kami memperkuat kerja sama dengan mitra strategis kami, dan kami menunggu sistem lini produksi lipat yang mapan,” katanya.

Samsung Display baru-baru ini memamerkan perangkat terbarunya yang disebut Flex Hybrid OLED di CES 2023. Apa?

Baca Juga  Salah Satu Ciri Bahasa Iklan Adalah Bersifat Netral Apa Maksudnya

Flex Hybrid OLED adalah panel layar geser yang dapat dilipat untuk ponsel, tablet, dan laptop.

Teknologi ini memungkinkan vendor untuk memasang layar dan slide yang dapat dilipat ke bodi ponsel Android atau iOS pada umumnya.

Saat panel dibuka atau dipindahkan, layar 10,5 inci dengan rasio 4:3 hingga 12,4 inci dan 16:10 muncul.

Konsep panel layar lipat dan geser itu disebut Flex Slidable Solo dan Flex Slidable Duet, seperti dikutip GSM Arena, Rabu (1 April 2023).

Samsung mendemonstrasikan bahwa panel geser dan lipat dapat ditarik dari satu sisi (atau keduanya) untuk memperbesar layar OLED 14 inci menjadi 17,3 inci.

Semua panel, seperti layar perangkat seluler pada umumnya, sensitif terhadap sentuhan.

Berbekal teknologi panel ini, Samsung berharap dapat membantu produsen ponsel dalam berinovasi pada produknya.

Namun, masih terlalu dini untuk menghadirkan produk geser yang dapat dilipat ke pasar dalam waktu dekat.