Madiun

Koneksikan PSC dengan Pasar Besar Madiun dan Jalan Jawa

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Konektivitas pembangunan Pahlawan Street Center (PCS) bakal dikerjakan. Rencananya, jalur pedestrian bakal nyambung hingga Pasar Besar Madiun (PBM) dan lahan parkir (bekas SMPN 12) di Jalan Jawa. Dari balai kota sebagai central destination, pengunjung dimanjakan trotoar lebar dan futuristik menuju pusat belanja (mal), perempatan Tugu, nol kilometer, hingga PBM.

Saat ini proses tender tengah berjalan. Pemkot Madiun menggelontorkan anggaran Rp 8 miliar dari APBD. Jalur pedestrian sisi selatan yang terhenti di perempatan Tugu bakal dilanjutkan ke arah timur sepanjang Jalan Panglima Sudirman (Pangsud). Kemudian sisi utara bakal dilanjutkan ke arah timur sepanjang Jalan Jawa. ‘’Nanti bertahap sampai alun-alun juga,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Suwarno, Minggu (16/5).

Suwarno menyebut, pekerjaan fisik ditargetkan tuntas tahun ini. Tujuannya untuk mengerek sektor perekonomian. Diketahui, Pangsud merupakan kawasan pertokoan. Dulunya jalan itu dilewati jalur kereta api tembus Gang Kereta. ‘’Jalan Jawa juga, itu bekas SMPN 12 yang sudah dirobohkan, rencananya dibangun lahan parkir,’’ ujarnya.

Konsepnya tidak jauh dari jalur pedestrian yang telah tuntas. Dipasang box culvert untuk saluran air. Di atasnya untuk trotoar dengan lantai granit demi kenyamanan dan keselamatan pejalan kaki. Dilengkapi kursi dan lampu artistik, pohon warna-warni, serta jalur disabilitas. ‘’Konsepnya sama dengan jalur pedestrian di Jalan Pahlawan,’’ terangnya. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button