Ponorogo

Kondisi Pulih, Puluhan Santri Korban Keracunan Tinggalkan RS

PONOROGO, Radar Ponorogo – Sebanyak 23 santri Ponpes Darul Fikri, Bringin, Kauman, yang sempat menjalani rawat inap di RSUD dr Harjono meninggalkan rumah sakit Selasa (19/11). Mereka sudah diperbolehkan pulang seiring kondisi kesehatannya yang telah pulih.

Sebelumnya, mereka dilarikan ke rumah sakit beberapa saat setelah mengalami gejala keracunan seperti pusing, mual, dan muntah. Itu terjadi usai para santri tersebut menyantap menu ikan tongkol. ‘’Semuanya sudah dinyatakan sehat,’’ kata Suprapto, kasubag Humas RSUD dr Harjono.

Meski sudah diperbolehkan pulang, para santri itu diminta tidak melakukan aktivitas berat. Melainkan beristirahat cukup di rumah atau pondok. ‘’Termasuk satu santri yang mengeluh sesak napas karena punya asma juga sudah membaik,’’ bebernya.

Hal senada diungkapkan Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Maryoko. Dia menyebut seluruh santri yang menjalani rawat inap dinyatakan telah pulih. ‘’Menunggu hasil uji laboratorium,’’ jawab Maryoko melalui pesan singkat saat ditanya hasil penyelidikan terakhir.

Diberitakan sebelumnya, polisi telah  melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di dapur umum Ponpes Darul Fikri. Pun, berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan uji laboratorium sampel makanan yang diduga menjadi biang keracunan. Sampel yang diambil adalah nasi, sambal, dan ikan tongkol. Pun, penyidik menggali keterangan lima orang dari pihak ponpes.

Kasus dugaan keracunan itu terjadi Minggu malam (17/11) usai para santri menyantap menu makan malam. Tak disangka, sedikitnya 124 santri mengalami gejala keracunan hingga harus menjalani perawatan di Puskesmas Ngrandu dan Kauman serta RSUD dr Harjono dan RS Aisyiyah. (dil/c1/isd)   

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button