Magetan

Kondisi Pemdes Baleasri setelah Diterpa Dugaan Korupsi

Pelayanan Tak Tersendat, Jaga Kepercayaan Masyarakat

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Meski mantan kepala desanya tersandung dugaan korupsi, namun pelayanan di kantor Desa Baleasri tetap berjalan normal. Para perangkat dan kepala desa yang baru dipercaya masyarakat untuk menjalankan roda pemerintahan desa. Menjalankan tugas sebagaimana mestinya. ‘’Semua pelayanan jalan terus, tidak ada yang tersendat,’’ kata Sekdes Baleasri Tri Anjono.

Tri tak menampik perkara rasuah yang membelit pemerintahan desanya sempat membuat perangkat gundah. Mereka sempat takut jika tidak lagi dipercaya masyarakat. Namun, masalah itu justru menjadi hikmah untuk memperbaiki kinerja.  ‘’Kami berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja lebih baik untuk masyarakat desa,’’ ujarnya.

Para perangkat bertugas di kantor desa mulai pukul 07.00-15.00. Seluruh perangkat yang sempat dipanggil menjadi saksi dalam kasus korupsi pun kembali bertugas seperti biasa. Kebanyakan pelayanan berupa permintaan kelengkapan dokumen kependudukan dapat terlayani dengan cepat. ‘’Semua masih bekerja seperti biasa,’’ tegasnya.

Pihaknya kini masih terus menunggu hasil penyelidikan dari kejaksaan. Kalau toh nanti memang ada perangkat yang terlibat dan menjadi tersangka, kebijakan selanjutnya diserahkan kepada kepala desa. ‘’Proses hukumnya belum memberikan dampak signifikan pada tugas kami selama ini,’’ tuturnya.

Tri berharap kepala desa yang baru sanggup memberikan bimbingan dan arahan agar perangkat bisa bekerja lebih baik. Sehingga, kasus serupa tidak akan terulang di kemudian hari. Pemdes terus berupaya membangun citra positif di tengah masyarakatnya. ‘’Kami tidak ingin karena kejadian ini masyarakat jadi tidak memercayai kami lagi,’’ ucapnya.

Dia juga berharap kades baru memberikan kesempatan sekali lagi bagi perangkat agar masyarakat bisa kembali memberikan persepsi positif. Pihaknya juga bakal bersikap kooperatif jika sewaktu–waktu dimintai keterangan oleh aparat penegak hukum. ‘’Kami berusaha untuk tetap profesional,’’ katanya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button