Ponorogo

Kondisi Enam Pasien Positif Covid-19 asal Ponorogo Membaik

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Dua rumah sakit di Ponorogo kini menangani intensif pasien positif Covid-19. Selain RSUD dr Harjono, RSU Aisyiyah juga ditunjuk jadi rujukan. ‘’Ini sesuai petunjuk gubernur untuk menambah satu lagi rumah sakit rujukan,’’ kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni Senin (13/4).

Namun, RSUD masih jadi rujukan utama. Hingga Senin (13/4) masih merawat enam pasien positif. RSUD menyiapkan total 35 tempat tidur pasien korona. Selain yang sudah terkonfirmasi positif, sebagian pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) juga dirawat di RSUD.

Petunjuk pemprov, daerah diminta menyiapkan lebih dari satu rumah sakit rujukan. Sehingga, ditunjuk RSU Aisyiyah. Rumah sakit swasta tersebut menyiapkan tujuh tempat tidur. Belum termasuk empat rumah sakit swasta lain yang juga menyatakan siap membantu jika diperlukan. Antara lain, RSU Muhammadiyah, RSU Darmayu, RSU Muslimat, dan RSU Griya Waluyo. ‘’Masing-masing tiga tempat tidur,’’ sebutnya.

Kendati begitu, Ipong berharap jumlah pasien tidak bertambah. ‘’Total ada 54 tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 yang siap digunakan di Ponorogo. Tapi mudah-mudahan tidak terpakai semua, artinya semoga tidak ada penambahan pasien,’’ harap Ipong.

Hingga Minggu (12/4) pukul 18.00, ada enam pasien terkonfirmasi Covid-19, 20 PDP, dan 334 ODP. Sebagian PDP dan ODP melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Ipong menyebut, keenam pasien positif kondisinya terus membaik. ‘’Dibandingkan 14 hari yang lalu, sudah jauh lebih baik. Mereka disiplin makan makanan bergizi, serta mendapat asupan vitamin yang cukup,’’ terangnya.

Penelusuran atau tracing warga yang kontak dengan para pasien positif telah dilakukan. Ponorogo, lanjut Ipong, sebelumnya mendapat 470 unit alat rapid test. Sudah digunakan 200 unit. Sisanya akan dimaksimalkan untuk memeriksa warga yang kontak dengan para pasien positif, PDP, dan ODP. ‘’Rapid test ini hanya untuk pasien yang memiliki gejala. Ketika tes sudah dilakukan beberapa kali dan hasil tes swab juga mengarah ke Covid-19, baru bisa dinyatakan positif,’’ bebernya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close