Pacitan

Komunitas Skateboard Pacitan Wild Board (PWB) Eksis selama 18 Tahun

Para pendamba Tony Hawk, atlet skateboard profesional asal Amerika Serikat, masih banyak di Pacitan. Mereka tergabung dalam Komunitas Pacitan Wild Board (PWB). Puluhan anggotanya sekarang adalah generasi keempat.

—————

DENI KURNIAWAN, Pacitan, Radar Pacitan

LANGIT merah-jingga memayungi sejumlah muda-mudi yang asyik bermain papan seluncur di skatepark Pantai Pancer Door. Bergantian mereka meluncur di lintasan. Riuh sorak tatkala seorang di antaranya melayang di udara bersama papan skateboard. Sebelum akhirnya mendarat sempurna dan kembali melesat dengan kayuhan kaki. ‘’Itu tadi namanya trik shootrite varial,’’ kata Lintang Wahyu Ramadhan.

Lintang tergabung dalam Komunitas Pacitan Wild Board (PWB) dengan lebih dari 20 anggota. Sejak terbentuk 2001 silam, komunitas skateboard ini sudah ganti generasi sebanyak empat kali. Lahir dengan menjunjung persamaan hobi, tanpa ada struktur organisasi. Anggotanya berasal dari berbagai kalangan, mulai pelajar, kuliah, dan bekerja. ‘’Ada anggota perempuannya juga lho,’’ ujar warha Kelurahan Ploso, Pacitan, tersebut.

Visi PWB dari generasi ke generasi adalah belajar bersama. Menularkan trik yang dikuasai untuk anggota lainnya. Selain di Pantai Pancer Door, anggota PWB rajin kumpul malam di Alun-Alun Pacitan. Di pusat kota itu, Lintang dkk unjuk kebolehan kepada masyarakat. Karena tidak ada fasilitas skatepark, mereka membawa sendiri peranti permainan yang beken dimainkan Tony Hawk, atlet skateboard profesional asal Amerika Serikat tersebut. ‘’Kumpul setiap hari, tapi paling rame malam Minggu,’’ ungkap Ricky Ivandrianto.

Devi Moeditiya baru setahun bergabung dengan komunitas. Namun, gadis 17 tahun itu sudah menguasai berbagai trik dasar seperti ollie yang melayang di atas papan. Jatuh hingga menderita memar dan lebam tidak jadi soal. ‘’Awalnya dimarahi orang tua. Tapi, karena suka, lama-lama diperbolehkan,’’ ujarnya. ***(cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close