Madiun

Komunitas Heppiii Community Madiun, Ngawi dan Magetan Aktif Donorkan Darah

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Aksi sosial dilakukan karang taruna Heppii Community di tengah pandemi Covid-19. Mereka menggelar kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI di Madiun, Ngawi dan Magetan pada Rabu lalu (21/10). Warga sangat antusias mendonorkan darahnya.

Bahkan, di wilayah karang taruna Bangun Rejo Kidul Ngawi terdapat warga yang secara sukarela menjadikan rumahnya untuk lokasi donor darah. Dia adalah Mulyadi.

Koordinator Heppiii Community Madiun Belladira mengatakan kegiatan donor darah digelar serentak selama tiga hari. Bertempat di balai desa, lapangan dan rumah warga. Adapun karang taruna yang berpartisipasi adalah karang taruna Dagangan, Candi Mulyo, Jiwan (Madiun), Purwosari (Magetan), dan Bangun Rejo Kidul (Ngawi).

“Total peserta yang mendaftar ada 133 orang dan yang mendonorkan darahnya sebanyak 81 orang. Ada yang tidak bisa mendonor karena kondisinya tidak memungkinkan. Seperti tensi darahnya tinggi dan belum cukup umur,” katanya.

Dia menambahkan kegiatan serupa juga digelar oleh karang taruna di beberapa desa lainnya. Di antaranya karang taruna Plumpung, Karas, Kapas, Mangunharjo, dan Baleasri. “Donor darah ini merupakan bagian dari program kolaborasi komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI),” terang Belladira.

Program donor darah Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri tersebut diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung PMI di 58 kota/kabupaten. Selain itu, sebanyak 492 komunitas serta 112 karang taruna ikut terlibat di dalamnya. Seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, Heppiii Community, dan kelompok karang taruna dari beberapa desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung sejak 7-31 Oktober. Pelaksanannya mengusung semangat sumpah pemuda. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada hari qurban pada Juli lalu.  Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community di 42 daerah. Sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Belladira mengungkapkan kegiatan donor darah yang bertepatan dengan momentum peringatan hari sumpah pemuda ini mendapat sambutan positif masyarakat. Buktinya sejumlah warga dari empat desa terlibat di dalamya sebagai pendonor baru. Padahal, sebelumnya hanya Desa Candi Mulyo. “Kegiatan ini luar biasa dan mendapat sambutan besar dari masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa membantu masyarakat lain yang membutuhkan kantong darah,” harap Belladira. (*/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button