Advertorial

Komisi III DPRD Ngawi Dorong Relokasi PKL Segera Klir

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Komisi III DPRD Ngawi konsisten memperjuangkan nasib pedagang kaki lima (PKL) jalan serong timur Alun-Alun Merdeka masuk Ngawi Street Food (NSF). Kemarin (19/1), untuk kali kedua komisi III menggelar hearing dengan paguyuban PKL setempat.

Kegiatan hearing kali kedua dengan PKL itu merupakan follow-up dari agenda serupa sebelumnya pekan lalu. Kala itu, dewan juga mengundang dinas perdagangan, perindustrian, dan tenaga kerja serta Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Ngawi.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Yuwono Kartiko menyebutkan, sedikitnya ada 10 PKL yang akan diusulkan ke disperindag untuk mengisi NSF. Kesepuluh nama itu merupakan usulan dari pedagang yang belum terdaftar dalam data yang dipegang dinas terkait. ‘’Besok (hari ini, Red) disperindag dan disparpora kami panggil kembali untuk mengusulkan 10 nama PKL tambahan sekaligus klarifikasi,’’ paparnya.

King –sapaan Yuwono Kartiko- menyatakan, harus ada klarifikasi terkait jumlah pedagang dari dua dinas tersebut. Pasalnya, versi disparpora, dari 72 kios di jalan serong timur ada 34 PKL yang resmi. Sementara, disperindag mengklaim hanya 32 yang terdaftar. ‘’Selisih dengan ketersediaan bedak sebanyak 44. Karena, menurut data disperindag masih sisa 12 bedak. Sedangkan disparpora 10 bedak,’’ urainya.

Untuk sementara pihaknya mengacu data disparpora karena selama ini jalan serong timur di bawah naungan dinas itu. Sehingga, 10 bedak tersisa dari 34 PKL yang terdaftar digunakan untuk simulasi usulan nama dengan PKL. Akhirnya, sepuluh nama itu disepakati oleh perwakilan PKL. ‘’Sebenarnya para PKL bersedia direlokasi semua, tapi mereka ingin pembagian bedak secara adil,’’ jelasnya.

Komisi III berharap masalah relokasi PKL segera klir. Pasalnya, per 1 Februari mendatang, semuanya sudah harus pindah ke NSF. ‘’Harapan kami, NSF akan menjadi sentra kuliner baru yang lebih ramai. PKL juga bisa terus berkembang, sekaligus konsumen dijamu di tempat yang bagus,’’ pungkasnya. (mg3/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button