Advertorial

Komisi II DPRD Ngawi Sidak Kios Pupuk di Sidorejo

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Komisi II DPRD Ngawi mengecek persediaan pupuk dan menemui kelompok tani, Selasa (16/2). Hal itu dilakukan setelah pada masa reses pekan lalu menerima keluhan sejumlah petani dalam mendapatkan pupuk. ‘’Hari ini (kemarin, Red) kami melihat secara langsung kondisi kios pupuk dan bertemu poktan. Hasilnya kami teruskan ke dinas pertanian dan Petrokimia sebagai penyedia pupuk,’’ kata Ketua Komisi II DPRD Ngawi Siswanto.

Pihaknya kemarin sidak ke kios pupuk resmi bersubsidi UD Yusuf Tani di Desa Sidorejo, Geneng. Di tempat itu, stok pupuk subsidi maupun nonsubsidi diketahui aman. ‘’Untuk wilayah Geneng pupuk nonsubsidi tidak mengalami kelangkaan. Sedangkan jenis subsidi disalurkan terbatas sesuai data cetak RDKK (rencana definitif kebutuhan kelompok, Red),’’ ungkapnya.

Siswanto memastikan pengecekan lapangan tidak hanya berhenti di wilayah Geneng. Langkah serupa akan dilakukan ke kawasan lain yang ditengarai mengalami kelangkaan pupuk. ‘’Jika memang terjadi kelangkaan, lami akan berkoordinasi dengan distributor yang membawahi penyaluran di wilayah tersebut agar segera ditangani,’’ ujarnya.

Sigit Cahyono, staf Petrokimia Perwakilan Daerah Penjualan Ngawi, menyebutkan bahwa berdasarkan ketentuan Menteri Perdagangan, distributor wajib memiliki stok pupuk setidaknya untuk dua pekan. Sedangkan kios minimal untuk satu minggu. Sementara, jatah pupuk bersubsidi untuk petani mengacu regulasi Kementerian Pertanian. Yakni, dengan mekanisme kartu tani atau manual. ‘’Tapi, Ngawi masih pakai cara manual karena infrastruktur kartu tani belum siap,’’ tuturnya.

Dia menjelaskan, dalam penyaluran mekanisme manual, petani harus mengisi delapan form dan melampirkan e-KTP. Selanjutnya dicocokkan dengan data cetak yang ada di RDKK. Jika data penerima di RDKK masih ada, tapi alokasi sudah habis, penyaluran tidak bisa dilakukan. Begitu pula sebaliknya. ‘’Petani yang tidak terlayani pupuk subsidi, kami layani jenis nonsubsidi,’’ terangnya. (mg3/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button