Ngawi

Kolam Pembenihan Ikan Mangkrak, Sebagian Berubah Menjadi ’’Sawah’’

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Belasan kolam pembenihan ikan yang dibangun Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi di Desa Sidorejo, Kendal, pada 2008 silam kini mangkrak. ‘’Hanya berjalan empat tahun. Setelah itu, nggak terpakai,’’ kata Suparno, salah seorang warga sekitar, Selasa (7/7).

Suparno menyebut, kolam pembenihan terhitung saat awal-awal dioperasikan terbilang berhasil. Berbagai jenis ikan seperti nila, tombro, bawal, dan koi mampu berkembang baik karena dipiara menggunakan air sumber.

Namun, sejak 2013 kolam tidak lagi difungsikan. Beberapa di antaranya kondisinya rusak karena tidak pernah tersentuh perawatan. Pun, sebagian dimanfaatkan warga untuk menanam padi. ‘’Karena tidak pernah dirawat akhirnya rusak dengan sendirinya,’’ ungkap Suparno.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Ngawi Bonadi membenarkan bahwa belasan kolam itu sudah tidak difungsikan lagi. Pun, sejak beberapa tahun lalu pembenihan ikan dilakukan di wilayah Kecamatan Geneng. ‘’Memang sudah tidak dipakai, dan masa sewanya sudah selesai,’’ sebutnya.

Dia mengatakan, kolam di Sidorejo itu dibangun di lahan aset desa setempat. Pihaknya menyewa selama beberapa tahun. ‘’Sebenarnya kalau dapat dimanfaatkan desa malah bagus, tidak muspro,’’ ujarnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close