Madiun

Kolaborasi 1.018 Komunitas Indonesia Timur Area Deklarasikan Program Tagana Kita

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Komunitas Indonesia Timur Area (Kita) mendeklarasikan program Tanggap Bencana Tagana Kita, Senin (3/5). Deklarasi diikuti 1.018 komunitas dari berbagai latar belakang dan profesi melalui zoom meeting di 64 kota dan daerah di wilayah Indonesia Timur. Adapun Bold Riders, SuperFriends dan Heppiii Community menjadi bagian utama dari program Tagana Kita tersebut.

Edward Rustanto, salah satu penggagas lahirnya Tagana Kita menjelaskan, program tersebut merupakan langkah lanjutan dari berbagai kegiatan sosial yang telah dilakukan sebelumnya. Dia berharap solidaritas dan jiwa kemanusiaan yang dimiliki para komunitas itu bisa menggerakkan program Tagana Kita. ‘’Kami menyampaikan apresiasi tinggi terhadap seluruh komunitas yang selalu mengambil inisiatif dalam berbagai aksi kemanusian,’’ katanya.

Edward mengungkapkan lahirnya program Tagana Kita itu didorong oleh sikap solidaritas dan totalitas dari para komunitas ketika ada bencana. ‘’Terima kasih untuk jiwa sosial dan kemanusiaan teman-teman komunitas semua,’’ ucap Edward dalam acara Deklarasi Tagana Kita via daring di Surabaya.

Sementara itu, Bapak Komunitas Indonesia Suharto mendukung tercetusnya program Tagana Kita. Menurut dia, kegiatan ini semakin menunjukkan pentingnya kehadiran komunitas dalam kehidupan bermasyarakat. Apalagi banyak kegiatan komunitas yang melibatkan kolaborasi komunitas Indonesia Timur ternyata telah mampu meringankan beban masyarakat.

‘’Masih teringat akhir tahun lalu, kita buat program donor darah yang melibatkan ratusan komunitas dan berhasil mengumpulkan ribuan kantong darah untuk PMI. Saya bangga bahwa Kita selalu berada di depan dalam banyak kegiatan kemanusiaan,’’ papar Suharto.

CEO PT Inspirasi Indonesia Maju (Inspire) Bayu Surya Pamugar Sugeng menyebut ada tiga program utama yang menjadi fokus dari Tagana Kita. Meliputi Kita Peduli, Kita Berbagi, dan Kita Bangkit. ‘’Tiga program kegiatan itu sesungguhnya sudah biasa dilakukan oleh rekan-rekan komunitas. Dengan Tagana Kita kami berharap kegiatan itu akan membawa dampak yang lebih luas karena melibatkan lebih banyak komunitas di sejumlah daerah,’’ harap Bayu.
Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Sumber Daya BNPB Pangarso Suryotomo menyambut positif hadirnya program Tagana Kita. Dia berharap program berbasis komunitas di Indonesia Timur itu dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam menanggulangi kebencanaan. ‘’Secara geografis Indonesia ini rawan bencana. Dengan semakin banyak yang terlibat untuk membantu berarti kita semakin kuat,’’ ujarnya.

Di samping itu, Eko Fuji Rahman dari komunitas motor Vixion Independent Bali (VIB) mengatakan selama ini berbagai komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Bali selalu bergerak ketika ada bencana. Terbaru penggalangan donasi dan penyaluran sembako, obat-obatan serta pakaian layak pakai ketika bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT).

‘’Kami menyambut positif dan mendukung hadirnya program Tagana Kita. Harapan kami dengan berkolaborasi kita akan lebih kuat dan cepat dalam membantu sesama yang terkena bencana,’’ harapnya.

Terpisah, Ahmad Sholikhin dari Bold Riders Banjarmasin mengatakan pihaknya telah banyak terlibat dalam aksi kebencanaan. Terbaru adalah bencana banjir di Kalimantan Selatan Januari lalu. ‘’Saat itu, kami menggalang donasi dan mendapat dukungan juga dari Bold Riders Jayapura, Tulungagung, serta Pangkalan Bun. Semoga dengan lahirnya Tagana Kita, kolaborasi antar komunitas di Indonesia Timur semakin kuat,’’ harapnya.

Di sisi lain, Ketua Karang Taruna (Karta) Brumbungan Lor Probolinggo Muhamad Faqih mengaku tak mengharapkan datangnya bencana. Tapi, dia mengatakan dengan adanya program Siaga Kita setidaknya bisa memperkuat kesiapsiagaan bencana. ‘’Kami sangat siap berkolaborasi dengan berbagai komunitas di Indonesia Timur yang tergabung dalam Tagana Kita,’’ katanya.

Di pihak lain, Akbar Gobel dari Bold Riders Manado mengungkapkan Tagana Kita bisa menjadi payung bersama dari komunitas di Indonesia Timur saat terjadi bencana. ‘’Bold Riders Manado bangga menjadi bagian dari Tagana Kita. Kami siap untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan komunitas di Indonesia Timur dalam setiap aksi kemanusiaan,’’ pungkasnya. (*/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button