Magetan

KNKT Sosialisasikan Keselamatan Pengemudi ke PO Sudiro Tungga Jaya

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Maraknya kasus kecelakaan bus memaksa Komite Nasional Keselamatan Trasportasi (KNKT) turun gunung. Sosialisasi kepada operator bus pun dilakukan oleh KNKT. Salah satunya terhadap PO Sudiro Tungga Jaya, Sabtu (3/7).

Plt Ketua Sub Komite LLAJ KNKT Ahmad Wildan menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan bus. Selain karena masalah kendaraan, faktor kecelakaan bus biasa dipengaruhi human error. ‘’Mulai dari Driver yang belum memahami karakter yang mereka kemudikan, kelelahan dan lain-lain,’’ katanya.

Selain itu, pihaknya berharap agar para operator bus bisa melakukan pengecekan rutin kendaraan. ‘’Kami juga berpesan kepada PO Sudiro Tungga Jaya agar selalu mengecek semua kendaraan sebelum berangkat dan setelah sampai di garasi. Supaya para penumpang selamat sampai tujuan,’’ imbuh Wildan.

Sementara itu, Owner PO Sudiro Tungga Jaya, Ki Agus Muhammad Syidiq mengapresiasi pihak KNKT yang telah memberikan sosialisasi kepada seluruh krunya. Pihaknya memastikan keselamatan penumpang menjadi yang utama dalam perjalanan. ‘’Untuk mencegah faktor kelelahan, kami menyediakan tempat yang layak bagi pengemudi. Selain itu, dalam satu bus harus ada dua driver agar bisa bergantian menyopir. Kami juga selalu melakukan pengecekan pada bus yang datang ke pool atau yang akan berangkat,’’ terangnya. (jho/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button