Pacitan

Klaster Takziah Bengkal Meluas

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kepanikan mulai melanda warga satu RT di Dusun Bengkal, Desa Tanjungsari. Setelah Selasa (6/10) tim public safety center dari dinas kesehatan (dinkes) kembali menjemput seorang warga setempat lantaran dinyatakan positif Covid-19.

Pasien laki-laki usia 60 tahun itu dibawa mobil ambulans ke wisma atlet untuk menjalani perawatan. Berdasarkan hasil pelacakan, yang bersangkutan merupakan bagian dari kontak erat keluarga RNS. ‘’Pasien merupakan tetangga dari warga yang kapan lalu meninggal dunia di RT tersebut (RNS, Red),’’ kata Jubir Tim Gugus Tugas Penanggulangan (TGTP) Covid-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Sebagai langkah pencegahan, TGTP telah melakukan tracing pasca temuan kasus terkonfirmasi di Dusun Bengkal. Bahkan, sebanyak 242 warga sudah dilakukan swab test masal kemarin. Hasil spesimen dikirim ke BBLK Surabaya untuk diperiksa. ‘’Butuh waktu sekitar 3–4 hari sebelum hasil diumumkan,’’ ujar kepala diskominfo itu.

Di hari yang sama, dua perempuan asal Madiun yang berdomisili di Pacitan dan Kelurahan Sidoharjo juga ikut dirujuk ke wisma atlet. Hasil penelusuran dinkes, keduanya mempunyai riwayat perjalanan dari Madiun dan Jakarta. ‘’Tapi, kami masih telusuri dari mana mereka tertular (korona),’’ kata Rachmad.

Ketua TGTP Covid-19 Pacitan Indartato menambahkan, selama menunggu hasil tes usap keluar, kebijakan karantina wilayah satu RT itu tetap diberlakukan. Sesuai rencana, local lockdown diterapkan hingga 10 hari ke depan. ‘’Cukup banyak memang warga yang dites swab. Kami manfaatkan anggaran yang ada untuk membantu mereka,’’ ujarnya.

Selain itu, dia berharap warganya menunda bepergian. Termasuk meminta perantau tidak pulang kampung sementara. ‘’Kami awasi tegas mereka yang baru datang. Termasuk ketua RT, kami minta untuk melaporkan apabila ada warga datang ke lingkungan mereka,’’ tutur bupati Pacitan itu. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close