Madiun

Klaster Mantenan Bantengan-Mojopurno, 98 Pasien Dipulangkan, Sembilan Warga Diisolasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – SEBAGIAN besar warga terpapar Covid-19 klaster mantenan Desa Bantengan dan Mojopurno, Wungu, telah kembali ke rumah masing-masing. Sebelumnya mereka dirawat di RSUD Dolopo sejak Senin (14/6). Puluhan warga itu diantar pulang secara bertahap. ‘’Untuk hari ini (kemarin, Red) 19 pasien yang boleh pulang,’’ kata Direktur RSUD Dolopo Purnomo Hadi, Jumat (25/6).

Pemulangan pertama, Senin (21/6) atau tujuh hari setelah dirawat, ada 34 pasien. Sehari berikutnya, Selasa (22/6), 21 pasien. Rabu (23/6), 24 pasien. Total, empat hari berturut-turut 98 pasien klaster mantenan telah dipulangkan. Namun, tetap harus isolasi mandiri di rumah masing-masing. ‘’Pertimbangan pemulangan pasien karena kondisi sudah membaik,’’ ujarnya.

Hingga kini masih ada sembilan pasien klaster mantenan yang masih diisolasi di Batil, sebutan RSUD Dolopo. Purnomo mengatakan, mereka masih perlu perawatan medis. Sehingga, belum bisa dipulangkan. ‘’Kondisi pasien baik, hanya butuh perawatan lagi,’’ tuturnya.

Sempat berkembang informasi bahwa kepulangan pasien hanya berdasar hasil rapid test antigen. Alias bukan hasil tes polymerase chain reaction (PCR). Pun, masa isolasi di rumah sakit kurang dari 10 hari. Soal itu, Purnomo membantah. ‘’Pemulangan pasien sudah sesuai SOP (standard operating procedure) yang benar,’’ klaimnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button