News

Kita Mempelajari Sejarah Terutama Karena Sejarah

×

Kita Mempelajari Sejarah Terutama Karena Sejarah

Share this article

Kita Mempelajari Sejarah Terutama Karena Sejarah – Hallo, Perkenalkan saya Rizal Jati Dusepta Fakultas Sejarah UNAIR Angkatan 2018. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang Fakultas Sejarah Universitas Airlangga. Bagi sobat yang ingin bertanya atau berdiskusi bisa berkomentar di bawah artikel ini. Jika Anda punya waktu, saya akan menjawab, dan jawabannya akan masuk ke email Anda. Pastikan untuk membaca seluruh artikel ini sebelum bertanya. Anda juga dapat menyaksikan versi videonya pada tautan berikut. klik disini

Sejarah memang menjadi jurusan pilihan terakhir bagi para pejuang PTN yang tidak diterima di jurusan pilihan dan bergengsi, khususnya pada kategori Ilmu Sosial dan Humaniora. Namun jangan salah, ketika kita kuliah di Fakultas Sejarah, kita bisa mempelajari ilmu pengetahuan dari berbagai aspek di fakultas lain. Pada prinsipnya semua ilmu mempunyai sejarahnya masing-masing. Peranan sejarah merupakan ilmu fundamental dasar yang perlu dipelajari. Di Fakultas Sejarah Unier University, mereka banyak belajar, tidak hanya tatap muka saja. Namun kita bisa mengamalkannya secara langsung dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Misalnya mengunjungi kuil, museum, dan monumen.

Kita Mempelajari Sejarah Terutama Karena Sejarah

Pelatihan lapangan ditawarkan pada semester dua hingga empat dengan mata kuliah yang bervariasi. Perlu kita ketahui bahwa Departemen Sejarah memiliki museum sendiri yang bernama Museum Sejarah dan Kebudayaan. Letaknya di lantai dua Fakultas Ilmu Budaya Kampus B Unair. Jadi jangan salah, pembelajaran sejarah tidak hanya fokus mempelajari masa lalu dengan membaca buku saja. Namun, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk berwisata ke tempat-tempat bersejarah, yang akan menambah pengetahuan dan pengalaman Anda.

Mendongeng Sebagai Upaya Mengenalkan Sejarah Islam

Bagi anda yang ingin informasi jurusan dan penerimaan perguruan tinggi, follow saya di Instagram @. Lebih dari 60 spesialisasi akan disiarkan setiap bulan. klik disini

Baca Juga  Mengapa Hambatan Dalam Berusaha Selalu Ada

Berapa banyak orang yang berpikir bahwa belajar sejarah akan memakan waktu lama untuk menyelesaikannya? Asumsi ini sepenuhnya salah. Banyak sekali lulusan Ilmu Sejarah Unair yang lulus tepat waktu, tergantung individunya. Jika kita sedang belajar sejarah dan ingin lulus tepat waktu, maka sudah saatnya kita giat belajar dari awal hingga akhir semester. Jika kita belajar serius dalam menjalani cerita yang sesuai dengan emosi kita, maka perjalanan menuju sidang skripsi akan lancar. Mahasiswa Sejarah Unair juga banyak yang berprestasi sesuai passionnya. Bahkan bagi negara lain untuk mengikuti kompetisi atau konferensi internasional. Guru sejarah di Unair juga banyak yang mempunyai pekerjaan mengajar di negara lain.

Ada banyak mata kuliah yang dipelajari di Ilmu Sejarah Unair dari semester satu hingga semester terakhir. Baik kursus teori maupun kursus praktik di bidang ini. Pada semester pertama awal pendaftaran, mata kuliah pada umumnya bersifat umum, lanjutan dari tahap menengah dan hanya pendahuluan saja. Mata kuliah tersebut antara lain Agama Islam I, Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Pancasila, Bahasa Inggris I, Pengantar Ilmu Budaya, Pengantar Sejarah, Sejarah Eropa Klasik, dan Pengantar Sejarah Indonesia. Kemudian pada semester kedua hingga semester tujuh, mata pelajaran yang dipelajari sudah mempunyai fokus studi masing-masing. Sistem tidak menyertakan paket mata kuliah, sehingga Anda dapat memilih mata kuliah dan jam belajar saat membuat peta rencana belajar. Kemudian, pada semester delapan, saatnya mahasiswa fokus menyelesaikan disertasinya. Mata kuliah yang bisa diambil sudah tidak banyak lagi, kecuali SKS yang bisa diambil pada semester akhir.

Ada banyak mata kuliah yang memberikan kerja lapangan pada semester 2-4. Seperti mata kuliah sejarah Nerlika hingga abad ke-16 dengan kunjungan ke situs candi atau museum kuno di Sangiran, kemudian mata kuliah museologi dengan kunjungan ke museum sejarah, metode dan praktik penelitian sejarah serta kunjungan ke perpustakaan atau arsip untuk mencari tahu. sumber sejarah seperti bahan penelitian. Diantara guru favorit mahasiswa Ilmu Sejarah Unair adalah Ehsan Rasheed, S.S., M.A., Dr. Samidi, M. Hume, D. Purnavan Basundura, S.S., M.Hom dan D. Sukaryanta, M.Sc. Namun salah satu dosen favorit saya bernama Dr. Sukaryanto, M.Si telah meninggal dunia beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 7 Juli 2020, dan para siswa merasa kehilangan beliau yang merupakan guru favorit dan terbaik di Ilmu Sejarah Unair.

Baca Juga  Jelaskan Yang Kamu Ketahui Tentang Wawancara Terbuka

Pahlawan, Sejarah, Dan Keteladanan

Banyak orang saat ini yang meremehkan jurusan sejarah dan menganggap ini adalah konsep yang salah, jadi mengapa kita harus mempelajari ilmu masa lalu. Namun perlu anda ketahui bahwa mempelajari sejarah tidaklah semudah yang anda bayangkan maka dari itu hafal dan hafallah, namun mempelajari sejarah adalah tantangan yang paling besar karena ketika melakukan penelitian untuk menunjang tugas kuliah atau penyusunan proposal dan disertasi kita akan menjumpai sumber-sumber sejarah baik itu sejarah maupun sejarah. primer atau sekunder, dan tidak mudah untuk menemukannya Pada sumber-sumber yang relevan dengan judul yang kita buat, sebaliknya banyak sumber sejarah terutama arsip yang semakin musnah seiring berjalannya waktu, sehingga tantangan terbesarnya adalah – lebih baik kita pelajarilah sumber-sumber yang kita perlukan dan hindari agar sumber-sumber tersebut ketinggalan jaman atau ketinggalan jaman.

Kenali jurusan sejarah dan nikmatilah saat pertama kali masuk, dan sesuaikan dengan passion anda karena sejarah bisa dipelajari dari segala sudut, walaupun banyak diantara anda terutama mahasiswa baru yang terpaksa mempelajari sejarah karena merupakan pilihan terakhir dan merupakan pilihan terakhir. tidak diterima di perguruan tinggi bergengsi lainnya, namun membutuhkan waktu yang lama, dan seiring berjalannya waktu saya merasa tertarik dengan spesialisasi ini.

Saksikan video blog ribuan pelajar seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik di sini Peluang Kerja Dimana lulusan biasanya bekerja?

Prospek kerja masa depan bagi lulusan Ilmu Sejarah Unair tidak hanya sebatas menjadi guru atau staf pengajar saja, namun banyak lulusan Ilmu Sejarah Unair yang telah bekerja di berbagai bidang antara lain jurnalis, pegawai bank, pemimpin wisata, anggota DPRD dan masih banyak lagi. Perlu diketahui juga bahwa spesialisasi tidak menjamin adanya kesempatan kerja di masa depan, karena tergantung pada prinsip masing-masing orang, jika ia berusaha semaksimal mungkin, mempunyai semangat yang besar, pantang menyerah dan jujur, pasti akan mencapai hasil yang maksimal. Begitupun, namun disisi lain kita harus berusaha, dan juga berdoa kepada Tuhan yang akan mengatur rencana hidup kita suatu saat nanti.

Baca Juga  Faktor Persekutuan Dari 15 Dan 20 Adalah

Meneliti Hakikat Masalah Kehidupan

Kami berharap Jurusan Sejarah Unair terus berkembang setiap tahunnya hingga menjadi jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi negeri. Rencanaku, setelah kuliah, insya Allah aku bisa menghidupi diriku sendiri, aku ingin meraih gelar master dan menjadi wirausaha di bisnis yang aku jalankan saat ini demi membahagiakan orang tuaku juga.