Ponorogo

Kisruh Seleksi Perangkat Cekok Segera Diklarifikasi

Ogah Gebyah Uyah Panitia Salah

‘’Kami tentu berharap tidak ada pihak-pihak yang dibawa oknum tertentu.’’ AGUNG PRIYANTO, Wakil Ketua Komisi A DPRD Ponorogo

PONOROGO, Radar Ponorogo – Wakil rakyat tak ingin gebyah uyah dengan menuding panitia bersalah. Wadulan warga yang menyoal seleksi perangkat Cekok berbau nepotisme perlu ditelusuri kebenarannya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Agung Priyanto ingin mendengar lebih gamblang. Seluk-beluk rekrutmen pegawai pemerintah desa yang menuai ketidakpuasan publik tersebut. Tidak cukup dengan mendengar satu sisi suara. Sebab, puas dan tidak puas adalah bagian dari proses seleksi apa pun. ‘’Kalau tes, tidak puas pasti ada. Jangan mengerdilkan prosesnya terlebih dahulu,’’ kata Agung Kamis (14/11).

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, seleksi perangkat desa sejatinya sudah ada standarnya. Arah rekrutmen pegawainya sudah mengarah pada profesionalisme. Seperti yang diterapkan dalam rekrutmen CPNS. Proses tes abdi negara bahkan sudah menggunakan computer assisted test (CAT). Seharusnya, seleksi perangkat desa juga mengarah ke sana. ‘’Kami tentu berharap tidak ada pihak-pihak yang dibawa oknum tertentu,’’ ujarnya.

Baru seleksi perangkat Desa Cekok yang diprotes warganya. Agung berharap tak ada seleksi perangkat di desa lain mengemukakan persoalan serupa. Agung ingin rekrutmen perangkat di desa mana pun dapat dilaksanakan dengan jujur dan tanpa permainan. Jika pun ada kerabat dari perangkat atau kepala desa lolos, maka itu harus melalui proses yang sama. ‘’Jangan sampai ada perlakuan berbeda,’’ tekannya.

Lantaran kemarin gagal mengagendakan pertemuan dengan para pihak, mulai dari panitia seleksi, camat, hingga sekda, dewan bakal mengagendakan pertemuan di lain hari. Pihak komisi A ingin mengetahui persoalan ini secara utuh. Dengan begitu, wakil rakyat bisa memfasilitasi terlahirnya keputusan yang adil. ‘’Dana desa itu besar luar biasa. Perangkat maupun staf yang berkecimpung di dalamnya harus jujur. Jangan sampai rekrutmennya saja sudah ada permainan,’’ ucap Agung. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button