Pacitan

Kisah Kasih Sisur pada Putra Bungsunya Catur Teruji 20 Tahun

Selalu Dijaga, Nyaris Jadi Korban Bencana

Kasih ibu sepanjang hayat. Pengorbanannya tak lekang oleh waktu. Betapa pun kondisi anaknya, ibu akan terus menjaga dan menyayangi. Begitulah Sisur kepada putra bungsunya yang terlahir tak sempurna. Bagaimana kisahnya?

=========

SRI MULYANI, Pacitan, Jawa Pos Radar Pacitan

SISUR tak menyangka. Dua puluh tahun silam putra bungsunya, Catur Widianto, terlahir tidak sempurna. Kedua kakinya lumpuh. Kedua tanganya juga sulit digerakkan. Sempat jadi pukulan berat baginya dan suaminya, Katni. Butuh perjuangan untuk menerima kenyataan. Tentu bukan perkara yang mudah. Seiring berjalannya waktu dia pun bersyukur. Anak adalah titipan Tuhan yang mesti dijaga, dirawat, dan dibesarkan, dalam kondisi apa pun.

Karena itu, sejak lahir sosok ibu selalu di sampingnya. Memberi kasih sepanjang masa. Sehari-hari ibu dua anak ini merawat buah hatinya mulai memandikan, menyuapi, dan berbagai hal lain. Itu berlangsung 20 tahun. Tak ada sesal atau keluh kesah barang sekali pun yang terucap dari bibirnya. ‘’Tiap hari sudah begini, harus dilayani. Saya ikhlas,’’ ucap Sisur.

Di kediamannya Dusun Ngagik, Desa/Kecamatan Bandar, Pacitan, Sisur mengawali aktivitas. Mulai bangun tidur pagi membawa Catur ke mana pun. Agar bisa selalu menjaganya.

Ujian hidupnya tak sampai di situ. Rumahnya tertimpa pohon raksasa Senin siang lalu (30/12). Pohon tua itu sudah lapuk termakan usia. Setelah diguyur hujan disertai angin kencang satu jam, pohon itu pun tumbang.

Saat kejadian, Catur, Sisur, dan neneknya berada di dalam rumah. ‘’Pasti syok, apalagi Catur nggak mungkin bisa lari. Saat itu sedang tiduran nonton televisi,’’ terangnya.

Setelah pohon besar menimpa rumahnya, Sisur panik. Tanpa memedulikan diri sendiri dia mencoba melindungi Catur. Saat mendapati anaknya baik-baik saja dia sangat bersyukur. Reruntuhan genting dia bersihkan dari tubuh putranya. Dibantu warga dia mengevakuasi bungsunya itu. ‘’Saat kejadian sebenarnya dia belum sembuh. Habis disunat,’’ ujarnya sambil tersenyum.*** (sat/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button