Pacitan

Kini Polres Pacitan Dipimpin AKBP Didik Hariyanto

Awali Masa Kerja Bangun Posko Bencana

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tampuk kepemimpinan Polres Pacitan berpindah dari AKBP Sugandi ke AKBP Didik Hariyanto. Mengawali masa kerjanya, mantan kasubbidpaminal Bidpropam Polda Jawa Timur itu ancang-ancang membangun posko tanggap bencana. Langkah itu menyikapi tingginya potensi bencana alam di kabupaten ini. ‘’Kami akan berkoordinasi dengan pemkab,’’ kata Didik usai serah terima jabatan (sertijab) Minggu (5/1).

Bencana alam seperti pohon tumbang, longsor, dan banjir mengintai Pacitan selama musim penghujan. Apalagi, dalam dua tahun terakhir musibah itu kerap terjadi di awal tahun. Kerawanan itu mulai muncul yang ditandai dengan laporan keretakan tanah pasca beberapa kali hujan. ‘’Dua pos pengamanan cukup. Tapi, tak menutup kemungkinan bertambah seiring tingginya potensi bencana,’’ ujarnya.

Didik menerangkan, posko bakal disebar dengan mendirikan tenda untuk petugas. Selain anak buahnya, pos juga ditempati medis dan dapur lapangan. Sehingga, ketika bencana terjadi, pertolongan dan perawatan bisa diberikan secara maksimal. ‘’Akan lebih siap manakala bencana itu terjadi,’’ tuturnya sambil meminta warga ekstrawaspada.

Perwira dengan dua melati di pundak itu menyebut, koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal diintensifkan. Berkomunikasi ihwal intensitas curah hujan di masing-masing kecamatan. ‘’Informasi BMKG akan disampaikan ke masyarakat agar mereka bisa mengantisipasi,’’ terangnya.

Selain antisipasi bencana alam, Didik juga menaruh atensi terhadap hajat Pilkada 2020. Pesta demokrasi itu rentan dengan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Forkopimda dan tokoh masyarakat bakal digandeng untuk menetralisasi potensi tersebut. ‘’Terpenting dilalui dengan kepala dingin dan hati dingin,’’ katanya. (gen/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close