Madiun

Khusnul Khatimah Isi Waktu Luang Bantu Jualan Masker

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Khusnul Khatimah, 14, punya banyak waktu longgar selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Siswi kelas IX SMPN 1 Balerejo itu mengisinya dengan membantu sang ayah berjualan masker di penggal Jalan Raya Nglames. ‘’Bosan di rumah,’’ kata warga Desa Garon, Balerejo, Kabupaten Madiun, itu.

Khusnul membantu berjualan hampir setiap hari. Namun, waktunya tidak tentu. Jika ada tugas dari sekolah, dia menyelesaikannya lebih dulu. Kemudian menyusul ayahnya di tempat berjualan. Namun, bila tidak ada tugas, Khusnul bisa seharian menemani. ‘’Bisa mulai pukul 07.00 sampai 15.00,’’ sebutnya.

Selama menemani sang ayah, Khusnul aktif memantau perkembangan aktivitas di grup media sosial kelasnya. Terkadang ada kiriman tugas baru atau yang sudah dikoreksi oleh gurunya. ‘’Kalau ada tugas, pulang ke rumah,’’ ucapnya.

Selama pembelajaran daring, Khusnul mengaku sedikit kesulitan menerima materi dari gurunya. Selain itu, smartphone yang digunakan sering eror. ‘’Kadang mati sendiri. Pernah ketinggalan pelajaran dan tugas,’’ ujarnya.

Rudi, ayah Khusnul, menyebut bahwa membantu berjualan masker adalah keinginan anaknya sendiri. Dia tidak mempermasalahkan, asal tugas sekolah tidak terganggu. Kehadiran Khusnul menjadi teman ngobrol. Namun, Rudi kerap khawatir tatkala Khusnul ditinggalnya sendirian menjaga lapak. ‘’Pernah saya tinggal kurang lebih satu jam, mengambil stok masker,’’ kata pria 45 tahun itu.

Berjualan masker sudah dilakoni empat bulan. Sebelumnya, Rudi berjualan minuman di berbagai event. Karena pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan, dia beralih berjualan masker. Penghasilannya tidak pasti. ‘’Akhir-akhir ini menurun,’’ ujarnya. (mg4/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close