Madiun

Khofifah Sebut Peluang Ekspor Produk LMDH Besar

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Peluang ekspor dari berbagai produk LMDH dan KTH di Kabupaten Madiun cukup besar. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika berkunjung ke Madiun, Rabu lalu (8/9). Dia menyinggung tentang pentingnya standardidasi. Saat ini sudah waktunya jenis produk memiliki brand, quality control, proses packaging, dan higienitas yang sama. ‘’Sehingga, ketika ketemu pasar ekspor dan permintaan besar, standardisasi sudah terkomunikasikan dengan importir,’’ ujar Khofifah.

Sisi ekonomi masyarakat tepi hutan tak ketinggalan diperhatikan. Diberikan juga bantuan sejumlah alat produksi. Seperti alat pencacah rumput pakan ternak dan alat pengolah porang menjadi cip. Khofifah mengatakan, berbagai alat tersebut mudah digunakan dan tidak ribet. ‘’Diharapkan dengan alat-alat ini bisa memberi nilai tambah,’’ tuturnya.

Keberdayaan masyarakat petani hutan di Kabupaten Madiun belakangan ini mengalami peningkatan. Salah satu faktornya lahan porang yang sudah mencapai 5.143 hektare. ‘’Berbagai upaya yang telah dilakukan ini diharapkan mampu mendorong masyarakat, khususnya petani hutan, untuk tetap menjalankan kegiatan. Pun, menumbuhkan optimisme bersama di masa-masa sulit ini,’’ imbuh Bupati Madiun Ahmad Dawami. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button