Mejayan

Kewalahan Urus Jalan Bajulan-Kaligunting, Pemkab Madiun Serahkan ke Pemprov

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pemkab Madiun kewalahan mengurus ruas Jalan Bajulan-Kaligunting. Karena itu, jalan kabupaten itu akan dinaikkan statusnya menjadi jalan provinsi atau nasional. ‘’Kami sudah mengusulkan ke provinsi untuk pelimpahan penanganan ruas jalan tersebut,’’ kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Madiun Anang Tri Tjahjono, Senin (12/4).

Banyak alasan jadi dasar pelimpahan penanganannya. Salah satunya, fungsi ruas tersebut termasuk jalan kolektor primer (JKP) III ke atas. Bahkan, tergolong sebagai JKP IV. Sehingga, status jalan layak di-upgrade. ‘’Kami mengusulkan minimal (menjadi) jalan provinsi,’’ ujarnya.

Sejatinya, lanjut Anang, usulan sudah diajukan sejak 2019. Menurut dia, peningkatan status jalan memang tidak segampang membalik telapak tangan. Harus berjenjang, mulai evaluasi tingkat nasional, provinsi, sampai kabupaten. Pun ada tahapan yang mesti dilalui lebih dulu. ‘’Sudah dikaji oleh konsultan. Juga sudah dievaluasi bersama pemerintah provinsi,’’ ungkapnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button