Magetan

Keuletan Abdul Mukti dalam Menciptakan Rangkaian Seni Huruf Hijaiah

Kombinasikan Lukisan Kaligrafi dengan Teknik Linier

Magetan punya seniman religi yang unik. Dia adalah Abdul Mukti. Lukisan kaligrafi karya pria asal Madura itu dibubuhi dengan drawing pen. Kebanyakan karyanya bernuansa khas kearifan lokal Bumi Ki Mageti.

==========================

FATIHAH IBNU FIQRI, Magetan, Jawa Pos Radar Magetan

SEBUAH seni kaligrafi yang dikombinasikan dengan aliran surealisme menghasilkan lukisan yang menarik. Karya itu buah ciptaan Abdul Mukti. Semua itu dipajang di rumah pemuda 25 tahun tersebut. Persisnya di Desa Banjarejo, Kecamatan Panekan.

Ketika Jawa Pos Radar Magetan berkunjung ke tempat tinggal Abdul Jumat (13/12), dia sedang sibuk menyelesaikan karya kaligrafinya di secarik kertas. Rangkaian huruf hijaiah terangkai apik. Membuat siapa saja yang memandang langsung kagum.

Pria asal Sampang, Madura, itu mengaku sudah mengenal seni kaligrafi sejak masih duduk di bangku sekolah. Kemampuannya tersebut makin meningkat ketika beranjak kuliah di Ngawi. Abdul mengambil jurusan tarbiyah. Secara tidak langsung itu memengaruhi seluruh karya kaligrafi ciptaannya.

Pada setiap karyanya, Abdul sering menerapkan teknik linier dalam pewarnaannya. Tentu itu butuh ketelatenan. Namun, ada kelegaan jika karyanya tersebut sudah selesai. ‘’Setidaknya butuh waktu seminggu untuk menyelesaikannya. Tapi, yang penting sketsanya sudah jadi dulu. Baru setelah itu dipertebal menggunakan drawing pen,’’ terangnya.

Kini hasil karyanya sudah dapat dinikmati di sejumlah pameran lukisan. ‘’Saya masih akan mencoba megombinasikan kaligrafi dan lukisan, masih eksplorasi lagi,’’ ungkapnya.

Keterampilannya dalam membuat kaligrafi itu berbuah rupiah. Banyak pesanan dari luar daerah datang. Adapun media yang sering digunakan adalah tripleks, kain, dan kanvas. Karyanya itu dihargai bervariasi. Antara Rp 150 ribu sampai Rp 1,3 juta. ‘’Mayoritas yang dipesan itu ya Ayat Kursi,’’ pungkasnya. ****(her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close