Magetan

Ketika Terjadi Longsor, Tiga Pipa Air di Lereng Lawu Rawan Rusak

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tiga jaringan pipa air PDAM Lawu Tirta di lereng Gunung Lawu gampang rusak setiap kali terjadi longsor. Ketiga jaringan itu di Tirtogumarang, Plaosan; Cemorotelo, Poncol; dan Tapak, Panekan. ‘’Sejak Januari lalu, sudah lima kali pipa rusak karena diterjang longsor,’’ kata Direktur Utama PDAM Lawu Tirta Welly Kristanto.

Welly menyebut, alat pendeteksi dini telah dipasang di beberapa titik. Namun, keberadaannya belum mampu menjangkau adanya gangguan di seluruh wilayah. Inspeksi diterapkan untuk wilayah yang tidak ter-cover itu. ‘’Tapi, inspeksi kami terbatas. Tidak bisa dilakukan setiap hari, tergantung pelayanan gangguan,’’ ujarnya.

Dia mengatakan, potensi kerusakan pipa tinggi saat musim penghujan. Jenis kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran. Penggantiannya memakan waktu maksimal dua hari. Selama proses perbaikan, pihaknya menggunakan pipa polyvinyl chloride (PVC). Dampaknya, debit air berkurang hingga 10 liter per detik dari normalnya 30 liter per detik. ‘’Selama perbaikan, air yang didistribusikan kepada para pelanggan kurang maksimal,’’ ungkapnya. (fat/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close