features

Ketika Aquascape Semakin Dilirik Warga

Seni menata akuarium alias aquascape semakin diminati warga. Seiring fenomena tersebut, bisnis produk terkait pun kian menjanjikan. Itu seperti dirasakan Rindu Dwi Kartiko, warga Kota Madiun yang sudah enam tahun menekuni usaha aquascape.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

AKAR pohon warna cokelat tua tertata rapi di pojokan. Tak jauh dari situ tampak wadah berisi batu. Sekilas, batu itu mirip dengan benda serupa yang biasa dijumpai di kawasan pantai. Sementara, seorang pria terlihat serius mengamati sebuah akuarium.

Bukan sembarang akuarium lantaran di dalamnya ditumbuhi berbagai tanaman air seperti bucephalandra, moss, echinodorus, dan cryptocoryne. Tanaman itu tumbuh di sela batu dan kayu yang ditata estetik. Sementara, adanya beberapa ikan hias membuat pemandangan di akuarium itu seperti habitat aslinya.

‘’Butuh waktu sekitar empat bulan sampai tumbuhan di dalamnya tumbuh subur,” kata Rindu Dwi Kartiko, menjelaskan sekilas seni menata akuarium alias aquascape di gerai miliknya.

Selama ini Rindu tak menjual aquascape-nya secara online. Melainkan pembeli datang langsung ke gerainya. Pun, tidak sedikit yang membeli dalam bentuk jadi. ‘’Ada yang setelah deal, baru dibuatkan di sini. Ada juga yang ke sini beli bahan-bahannya saja, lalu dibuat di rumah,’’ ungkapnya.

Suami Rika Stevaniey itu sudah enam tahun menggeluti bisnis aquascape. Terinspirasi dari sang adik yang terlebih dulu menekuni hobi seni menata akuarium tersebut. Pun, dia rela berguru seputar per-aquascape-an ke berbagai kota seperti Solo, Malang, Surabaya, dan Jakarta. ‘’Waktu itu aquascape belum familier di Madiun,’’ ujarnya.

Bagi Rindu, dalam membuat aquascape, empat bulan pertama menjadi masa pertaruhan. Jika ekosistem di dalamnya mampu tumbuh dengan baik, perkembangan selanjutnya hampir bisa dipastikan bagus. ‘’Airnya diganti setiap 2-3 hari sekali,’’ sebut pria 35 tahun itu.

Rindu membanderol aquascape buatannya bervariasi. Ukuran paling kecil 20x20x20 sentimeter full set minus lampu filter di kisaran Rp 300 ribu. Sedangkan ukuran besar full set mencapai Rp 25 juta. ”Selama pandemi ini peminatnya semakin banyak,” tuturnya. * (isd/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button