features

Ketelatenan Nendra Nur Karudin Berbuah Rupiah

Budi Daya Tanaman Hias Tembus Pasar Sumatera

Kebiasaan di rumah saja selama pandemi memunculkan aktivitas dan kreativitas baru. Salah satunya, berkebun. Selain bisa jadi hobi, juga membuka peluang usaha yang menggiurkan.

SUGENG DWI, Pacitan, Jawa Pos Radar Pacitan

RUMAH di Dusun Tuban, Sidoharjo, Pacitan, itu berasa sejuk. Pohon rindang memayungi ratusan tanaman hias di teras. Mulai Caladium alocasia, aglo, anthurium, hingga beragam jenis tanaman populer lainnya tertata apik di pot. Sebagian di antaranya tertimbun gundukan sekam bakar. ‘’Ini mau saya buat bibit, nanti anakannya dijual,’’ kata Nendra Nur Karudin, empunya rumah.

Laki-laki 39 tahun itu memang pehobi sekaligus pembudi daya tanaman hias. Masa pandemi Covid-19 justru jadi puncak kejayaannya. Hobi yang digelutinya sejak 2004 itu mengantarnya jadi jutawan. Saban hari ada saja warga yang meminang tanamannya. Maharnya mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. ‘’Kalau di Pacitan baru mulai usaha selama pandemi. Sebelumnya di Jogja, tapi lama vakum,’’ ungkapnya.

Nendra telaten merawat aneka tanaman hiasnya. Mulai memastikan terhindar dari hama, hingga komposisi pupuk diperhatikan betul. Saban hari dipelototi satu per satu sembari menyiapkan anakan. ‘’Saya lebih senang mengembangbiakkan sendiri daripada beli, selain lebih untung juga karena hobi,’’ tutur bapak dua anak itu.

Membudidayakan tanaman hias gampang-gampang susah. Kaladium, misalnya, tanaman berdaun bentuk hati itu tak butuh banyak peralatan saat pembibitan. Tunas yang telah tumbuh dipotong dari bonggol lalu dipindah ke pot lain. Kuncinya, selain memastikan ada akar, juga nutrisi tanah. ‘’Kalau asal-asalan atau airnya kurang, sulit hidup,’’ bebernya.

Meski tergolong pemain baru, pangsa pasar Nendra telah menjangkau kota-kota besar. Mulai Surabaya, Jogja, Solo, hingga sejumlah kota di Sumatera. ‘’Kalau kirim jauh dibersihkan dulu. Tanpa media tanam, cuma kirim batang. Dijamin bisa hidup,’’ ujarnya.* (sat/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button