KriminalitasPacitan

Ketahuan, Pria Ini Gagal Curi Uang Kotak Amal

Pelaku Simpan Rp 3,5 Juta di Jok Motor dan Tas

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Dosa yang dilakukan Sajuriansyah membawanya ke penjara. Pria 40 tahun itu nekat mencuri uang kotak amal. Namun, warga asal Sumenep, Madura, itu sedang apes. Aksi panjang tangannya ketahuan warga dan nyaris dimassa.

Cerita bermula pada Kamis lalu (24/1) sekitar pukul 11.00 di Masjid Al-Ikhlas, Dusun Padi, Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung. Saat itu langgar sedang sepi. Sajuriansyah datang dengan tujuan awal beristirahat setelah keliling mencari sumbangan pembangunan masjid yang berada di kampung halamannya.

Niat jahatnya muncul ketika melihat selembar uang Rp 5.000 nylempit di kota amal masjid. Duit itu lantas diambil dengan jari kuku dan berhasil. Merasa ada kesempatan, apalagi isi uang dalam kotak amal tersebut banyak, Sajuriansyah memutuskan untuk menggarong semua.

Dia bergegas mengambil obeng yang tersimpan di sepeda motor Yamaha Mio sewaannya. Apes, saat berusaha mencongkel kotak amal itu, pihak takmir masjid memergokinya.

Sajuriansyah tak berkutik. Apalagi, ketika beberapa warga datang menghampiri. Sempat beberapa kali bogem mentah melayang ke wajah pria bertubuh kurus itu. ‘’Belum sempat diambil semua isinya, sudah ketahuan dulu,’’ kata Kasatreskrim Polres Pacitan AKP Imam Buchori Jumat (24/1).

Pelaku sempat mengelak bahwa dia berusaha mengambil uang di kotak amal. Bahkan, saat warga beserta anggota Polsek Kebonagung menemukan uang sejumlah Rp 3,5 juta yang tersimpan di dalam jok motor dan tasnya. ‘’Dugaan sementara, uang itu merupakan hasil pencurian kotak amal sebelum-sebelumnya,’’ ujar Imam.

Untuk proses lebih lanjut, Sajuriansyah meringkuk di sel tahanan Mapolres Pacitan. Dia dijerat pasal 353 ayat 5 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. ‘’Ketika diperiksa petugas, pelaku ini mengaku dari Sumenep, sampai ke Pacitan tidak ada tujuannya,’’ terang Imam. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close