News

Kesebelasan Tugu Muda Bertanding Dengan Kesebelasan Tunas Muda

×

Kesebelasan Tugu Muda Bertanding Dengan Kesebelasan Tunas Muda

Share this article

Kesebelasan Tugu Muda Bertanding Dengan Kesebelasan Tunas Muda – Tugu Muda (Tugu Muda): Monumen ini terletak di Jalan Nasional Jalur 20 menuju Solo. Tugu Muda menunjukkan semangat juang dan patriotisme masyarakat Semarang; terutama generasi muda yang gigih, rela berkorban. dengan semangat yang besar untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tugu Muda berbentuk lilin yang mempunyai arti semangat juang para pejuang mempertahankan kemerdekaan NKRI tidak akan pernah padam. Bentuk Tugu Muda merupakan tugu yang mempunyai penampang segi lima. Terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu pangkal, badan dan kepala. Pada sisi dasar tugu terdapat relief. Seluruh monumen terbuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugu, dibuatlah kolam dan taman hias di sekitar tugu.

Kesebelasan Tugu Muda Bertanding Dengan Kesebelasan Tunas Muda

Untuk mempercantik Tugu Muda, dibangunlah taman di sekitar Tugu Muda. Di taman ini terdapat berbagai ornamen sehingga tugu muda dapat dijadikan taman kota, antara lain air mancur, lampu berwarna putih dan kuning yang menambah kesan anggun di malam hari. Di taman terdapat pohon pinus duplikat senjata tajam bambu yang berdiri berjajar sebanyak 5 (lima) buah yang menggambarkan pertempuran lima hari di semarang bersenjatakan bambu runcing.

Spelling Indonesia For Word

Pada bagian kaki tugu terdapat relief penyangga lima tiang yang selain digunakan untuk menampilkan berbagai jenis relief juga dimaksudkan sebagai lambang Pancasila. Pada setiap penyangga terdapat hiasan yang berbeda satu sama lain, yaitu:

Menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang yang sangat tertindas dan banyak menderita kelaparan, hingga hongerodeem atau kelaparan merajalela di kalangan masyarakat.

Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1945, oleh Bapak Wongsonegoro (Gubernur Jawa Tengah) di lokasi yang direncanakan semula, yaitu di dekat Alun-alun. Namun karena pada bulan November 1945 pecah perang melawan Sekutu dan Jepang, proyek ini ditinggalkan. Kemudian pada tahun 1949, Badan Koordinasi Pemuda Indonesia (BKPI) memulai rekonstruksi monumen tersebut, namun karena kesulitan dana, hal tersebut belum terlaksana. Pada tahun 1951, Walikota Semarang Hadi Soebeno Sosro Wedoyo membentuk Panitia Tugu Muda, dengan rencana pembangunannya tidak lagi di lokasi alun-alun, melainkan di lokasi terjadinya pertempuran lima hari di Semarang, yakni di persimpangan Jl. Pemuda, Jl. Imam Bonjol, Jl. dr. Sutomo, dan Jl. Pandanaran dengan Lawang Sewu seperti lokasinya saat ini. Akhirnya pada tanggal 10 November 1951, Gubernur Jawa Tengah Boediono melakukan peletakan batu pertama di tempat baru tersebut.

Baca Juga  Sebutkan Empat Contoh Larutan Yang Kamu Temukan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Tugu Pemuda ini diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, oleh Ir. Sukarno, Presiden Republik Indonesia. Perancangan tugu dikerjakan oleh Salim, sedangkan relief pada tugu dikerjakan oleh seniman Hendro.

Bahan Ajar Sepak Bola Gunadi

Bangunan yang ada di sekitar Tugumuda adalah Lawang Sewu, Gedung Pandanaran, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Museum Mandala Bhakti dan Gereja Katedral Semarang.

Tugu Muda terletak di bundaran pertemuan jalan-jalan besar di Semarang yaitu Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan MGR. Soegijapranata (lebih sering disebut Jalan Siliwangi). Dan jalan kecil dekat Pasar Bulu yaitu Jalan HOS. Cochroaminoto.