Advertorial

Kesbangpol Berkomitmen Menjaga Magetan Kondusif

Waspadai Hoaks di Media Sosial

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan –  Pemkab Magetan tingkatkan kewaspadaan pada aktivitas radikalisme dan terorisme. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. ‘’Mereka menyebarkan opini kala pemerintah gagal memberikan rasa aman,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto Senin (14/12).

Menurut Kang Woto, sapaan Suprawoto, radikalisme bergerak dengan memperbanyak kelompok. Baik regenerasi maupun membentuk komunitas. Radikalisme juga mengikuti perkembangan zaman. Termasuk, dalam konteks komunikasi. Ada yang tetap di jalur tradisional, ada yang bertransformasi melalui media sosial. ‘’Kewaspadaan masyarakat harus semakin ditingkatkan dengan memberikan narasi yang mencerahkan dan menyejukkan,’’ pintanya.

Pihaknya terus melakukan gerakan kontraradikalisme. Yakni, menangkal hoaks dan fear bombing yang marak di media sosial selama pandemi.  Konflik yang demikian terbukti telah mengakibatkan hilangnya kepercayaan masyarakat, kerusakan lingkungan, juga kerugian harta benda dan korban jiwa. ‘’Trauma psikologi seperti dendam, benci, dan antipati menghambat terwujudnya pembangunan nasional,’’ bebernya.

Beberapa peristiwa, sebut Kang Woto, berpotensi memicu gejolak masyarakat. Antara lain, kasus pembunuhan satu keluarga dan pembakaran rumah di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang diduga dilakukan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Juga penetapan tersangka pimpinan FPI oleh Polda Metro Jaya. ‘’Kebetulan mendekati tahun baru, jangan sampai kita lengah,’’ tegasnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Magetan Iswahjudi Yulianto menyebut penandatanganan pernyataan sikap bersama menolak radikalisme, terorisme, separatisme, komunisme, hoaks, dan isu SARA bertujuan meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi dinamika akhir-akhir ini. ‘’Sebagai bentuk komitmen kita untuk menjaga Magetan agar tetap aman dan kondusif,’’ jelasnya. (fat/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button