Pacitan

Kesadaran Memakai Masker Rendah, Relawan Terjun Langsung di Tengah Masyarakat  

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai masker selama masa pandemi tergolong rendah di Pacitan. Padahal, pemerintah telah mewajibkan, terutama saat keluar rumah. Terlebih di pasar atau tempat keramaian yang rawan penularan. Pun minim penerapan physical distancing.

Kondisi ini menggerakkan para relawan di Kecamatan Donorojo untuk berpartisipasi membantu pemerintah mengampanyekan pentingnya memakai masker. ‘’Sasaran hari ini (kemarin, Red) di Pasar Donorojo. Termasuk nanti juga pasar-pasar tradisional  lainnya. Kami edukasi dan penguatan lebih intens agar masyarakat memahami wajib bermasker sebagai pencegahan penyebaran korona,’’ kata Jemi Darmawan, salah seorang relawan, Minggu (17/5).

Aksi sosial tersebut melibatkan 25 relawan. Selain memberi penguatan juga membagikan masker untuk warga yang masih bertelanjang muka di sekitar Pasar Donorojo. ‘’Meskipun pasar desa, tetap saja kalau ke sini harus bermasker,’’ tegasnya.

Menurut dia, masih banyak warga yang kedapatan tidak mengenakan masker. Alasannya, tidak nyaman dan mengganggu pernapasan. Meski begitu, jika diberikan penguatan terus menerus,  lama-lama  akan jadi pembiasaan. ‘’Setelah ini kami juga akan lakukan penyemprotan disinfektan di pasar dan lokasi lain,’’ imbuh Jemi.

Dia berharap masyarakat lebih meningkatkan kesadaran pola hidup bersih dan sehat, bermasker jika keluar rumah, termasuk jaga jarak. Sehingga, ikut membantu memutus mata rantai dan menekan penyebaran Covid-19. ‘’Mari kita lawan bersama wabah korona dengan mengikuti anjuran pemerintah. Kalau tidak urgen, lebih baik di rumah saja. Semoga pandemi ini lekas berakhir,’’ harapnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close