Pacitan

Kerusakan Ruang Arsip DPMD setelah Ambles, Cukup Diperbaiki, Tak Perlu Relokasi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kerusakan ruang arsip Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pacitan akibat tanah ambles jadi perhatian Bupati Pacitan Indartato. Apalagi hanya aset bangunan pemkab tersebut yang terdampak derasnya aliran parit di sebelah kantor. Pun usia bangunan yang sudah uzur. ‘’Saat itu di sekitar sungai (parit, Red) itu memang banjir tapi tidak besar,’’ kata bupati Minggu (1/3).

Pak In, sapaan Bupati Indartato, memastikan kondisi bangunan tersebut telah diperiksa badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan dinas pekerjaan umum penataan ruang (DPUPR). Pun kondisi bangunan tersisa lainnya. Rencananya, dalam waktu dekat ruang arsip yang ambles sepanjang 25 meter dengan kedalaman 1,5 meter itu bakal segera diperbaiki. ‘’Kami lihat sesuai aturan yang berlaku nanti perbaikannya seperti apa, yang jelas kami perbaiki agar tak membuat kerusakan lebih parah lagi,’’ jelasnya.

Pak In menilai tidak perlu relokasi. Menurut dia, kerusakannya tak terlampau signifikan pada pelayanan DPMD. Pun lokasi gedung tersebut dinilai strategis lantaran tak jauh dari pusat kota. Bersebelahan dengan kantor kecamatan setempat. ‘’Sementara kami sempurnakan, karena sudah pas (lokasinya),’’ ungkap bupati.

Sebelumnya, DPUPR setempat menyarankan ruang arsip DPMD lekas dikosongkan. Pun, atap dan perabotan lain dipindahkan. Sebab, dikhawatirkan beban bangunan yang berat bakal membuat kerusakan merembet ke gedung utama.

Ruang arsip DPMD diketahui ambles Senin pagi (24/2). Kala itu hujan deras mengguyur wilayah Pacitan semalaman. Sekitar tengah malam, petugas jaga setempat mendengar suara berderit dari sudut ruangan. Ternyata, bangunan yang sebelumnya ditempati dinas kesehatan (dinkes) tersebut ambles beberapa meter. Bahkan dinding ikut retak dan nyaris ambrlol. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button