Madiun

Kerahkan Tenaga Cadangan , Puskesmas Patihan Tetap Buka Pelayanan

54 Nakes Tetap Jalani Karantina

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Puskesmas Patihan batal ditutup 14 hari. Fasilitas kesehatan di Jalan Keningar itu hanya ditutup empat hari. Senin (22/6) pelayanan dibuka kembali.

Pantauan di lapangan, kondisinya tetap sepi pasca salah seorang tenaga kesehatan (nakes)-nya terkonfirmasi positif Covid-19. Satu per satu petugasnya meninggalkan puskesmas sebelum pukul 12.00. ‘’Hasil rapat memutuskan pelayanan kesehatan di puskesmas dibuka kembali,’’ kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah.

Hanya, seluruh nakes yang bertugas diambilkan dari lima puskesmas lain di Kota Madiun. Sebab 54 nakes di Puskesmas Patihan kini sedang dikarantina. Mereka tengah antre swab test bertahap dari RSUD dr Soedono, Madiun. ‘’Saat ini sudah ada yang menjalani swab test,’’ ujarnya.

Dari total 54 nakes, 16 di antaranya telah menjalani polymerase chain reaction (PCR). Hasilnya baru diketahui satu-dua hari ke depan. Sementara sisanya masih menantikan giliran. ‘’Seluruh area Puskesmas Patihan telah disterilisasi dengan cairan disinfektan secara berkala,’’ beber Aflah.

Wali Kota Madiun Maidi menegaskan pembukaan kembali Puskesmas Patihan setelah tutup empat hari berkaitan zona hijau yang kini disandang. Namun, penurunan status kegawatdaruratan itu tak lantas melonggarkan penerapan protokol kesehatan. ‘’Justru zona hijau ini saya jadi beban,’’ kata Maidi.

Maidi meminta seluruh nakes tetap berjuang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Serta berharap kesadaran masyarakat menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan semakin meningkat. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close