News

Keragaman Bangunan Rumah Adat Di Indonesia Disesuaikan Dengan Kondisi

×

Keragaman Bangunan Rumah Adat Di Indonesia Disesuaikan Dengan Kondisi

Share this article

Keragaman Bangunan Rumah Adat Di Indonesia Disesuaikan Dengan Kondisi – Halodoc, Jakarta – Rumah adat adalah sebuah bangunan dengan ciri khas yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh suatu suku tertentu. Di Indonesia terdapat berbagai jenis rumah adat yang tersebar di berbagai provinsi.

Rumah adat merupakan salah satu representasi budaya tertinggi dalam suatu masyarakat suku/komunal. Karena wilayahnya yang luas, Indonesia mempunyai banyak perbedaan budaya di setiap daerahnya.

Keragaman Bangunan Rumah Adat Di Indonesia Disesuaikan Dengan Kondisi

Dengan ribuan pulau dan jumlah penduduk ratusan juta jiwa, Indonesia merupakan salah satu negara dengan keanekaragaman budaya yang sangat kaya.

Rumah Adat Maluku: Nama, Sejarah, Jenis, Keunikan, Gambar

Salah satu kekhasan Indonesia adalah keberadaan rumah adat di setiap daerah. Rumah adat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai arti penting ditinjau dari sejarah masyarakat, warisan dan kemajuan suatu peradaban.

Rumah Krong Bade merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Yang menjadi ciri khas dari rumah ini adalah terdapatnya jumlah tangga ganjil di bagian depan rumah yang banyak digunakan sebagai tangga masuk.

Rumah Bolon merupakan rumah adat yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Rumah ini merupakan simbol identitas masyarakat Batak yang tinggal di Sumatera Utara.

Rumah Gadang merupakan rumah adat dari provinsi Sumatera Barat. Keunikan rumah adat ini terlihat pada bentuk arsitekturnya dengan atap mengingatkan pada tanduk kerbau yang terbuat dari ijuk.

Daftar Rumah Adat Provinsi Di Indonesia

Rumah Kembar Air Terjun Selaso merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Riau. Ciri khas rumah adat ini adalah adanya lubang atau biasa disebut rumah panggung. Rumah adat terdiri dari beberapa kolom dengan bentuk bangunan persegi panjang.

Rumah Belah Bubung merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau. Rumah adat ini mempunyai bentuk atap yang berbeda-beda, mulai dari datar, miring curam, bersilang, sejajar, hingga atap pelana berbentuk tumpukan.

Rumah Rakyat merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Bengkulu. Rumah adat ini mempunyai bentuk yang sangat kompleks dibandingkan dengan rumah adat lainnya. Rumah bergaya panggung tradisional ini memiliki aula di bagian bawah rumah yang dapat digunakan untuk acara-acara tertentu.

Rumah Panggung Kajang Leko merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Jambi. Rumah Panggung Kajang Leko merupakan konsep arsitektur marga Bathin. Hingga saat ini, masyarakat Bath masih mempertahankan adat istiadat yang ditinggalkan para pendahulunya.

Rumah Adat Csarion

Rumah Limas merupakan rumah adat dari provinsi Sumatera Selatan. Rumah adat ini umumnya berbentuk panggung karena adanya rawa dan sungai di beberapa daerah. Yang istimewa dari rumah ini adalah lantainya yang bertingkat-tingkat, disebut bengkilas.

Rumah Rakit Limas merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung. Keistimewaan rumah ini adalah dibangun di atas sungai dan bentuknya seperti rakit.

Baca Juga  Dawam Artinya

Rumah Nowou Sesat merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Lampung. Rumah adat bertumpuk dan ormanem yang khas menjadi ciri khas rumah adat ini.

Rumah Badui merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Banten. Rumah Badui dibangun oleh suku Badui yang tinggal di Banten. Keunikannya adalah letaknya sedikit lebih tinggi, seperti rumah panggung, namun tingginya kurang dari setengah meter.

Rumah Bolon, Rumah Adat Yang Menjadi Lambang Budaya Suku Batak

Rumah Sunda merupakan rumah adat dari provinsi Jawa Barat. Rumah ini berbentuk seperti panggung yang tidak terlalu tinggi. Pada bagian depan rumah terdapat sebuah tangga atau biasa disebut dengan rel kereta emas yang berfungsi sebagai sarana keluar masuk rumah.

Rumah Kebaya merupakan rumah adat dari Provinsi DKI Jakarta. Rumah kebaya mempunyai bentuk atap menyerupai pelana yang terlipat rapi, apalagi jika dilihat dari samping. Ornamen khas suku Betawi ini sangat unik dan berbeda dari yang lain.

Rumah Joglo merupakan rumah adat dari provinsi Jawa Tengah. Rumah adat ini memiliki beberapa ruangan di dalamnya. Ruangan-ruangan tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Terdapat ruang pendopo yang digunakan sebagai ruang tamu. Biasanya ruangan ini terletak sebagai ruang terbuka di bagian depan rumah.

Rumah Bangsal Kencono merupakan rumah adat yang berasal dari daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri khas rumah adat ini adalah pola hiasnya yang mengandung filosofi dan nilai-nilai kehidupan yang menjadi simbol pola tingkah laku manusia, alam semesta, dan kehidupan.

Contoh Rumah Adat Indonesia Dan Daerah Asalnya

Rumah Joglo Situbondo merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Ciri khas rumah Joglo Situbondo ini terlihat pada bentuknya yang agak minimalis, namun memberikan kesan artistik. Selain itu rumah adat ini mempunyai filosofi dan senjata yang termasuk dalam rumah adat tersebut.

Rumah Tanean Lanjhan merupakan rumah adat Madura. Jika dilihat dari sudut pandang budaya dan adat istiadat di Madura, rumah adat tersebut mungkin memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Rumah Gapura Candi Bentar merupakan rumah adat dari Bali. Rumah adat ini memiliki ciri yang mirip dengan pura, apalagi rumah ini dilengkapi dengan pura di depannya.

Rumah Dalam Loka merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Barat. Rumah ini pertama kali dibangun oleh suku lokal dari daerah NTB.

Mengenal 6 Rumah Adat Sumatera Utara Yang Sangat Ikonik

Rumah Musalaki merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rumah Musalaki mempunyai bentuk seperti kerucut. Konon pada zaman dahulu rumah ini sering digunakan sebagai tempat tinggal hanya bagi para pemimpin suku dan pemimpin adat saja.

Rumah Panjang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Kalimantan Barat. Seperti namanya, rumah adat ini mempunyai bentuk yang cukup panjang dengan beberapa tiang penyangga di bagian bawahnya, membuat rumah adat ini terlihat seperti rumah panggung.

Baca Juga  Keanekaragaman Budaya Di Indonesia Merupakan Titik-titik Bangsa Indonesia

Rumah Betang merupakan rumah adat yang berasal dari Kalimantan Tengah. Rumah adat ini memiliki desain hampir mirip dengan rumah panjang Kalimantan Barat. Perbedaannya hanya pada bentuk dan ukurannya saja.

Rumah Lamin merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur. Rumah adat ini mempunyai desain yang lebih menarik dibandingkan dengan rumah adat lain yang ada di daerah kalimantan.

Kunci Jawaban Ips Kelas 7 Halaman 211 Kurikulum Merdeka, Carilah Bukti Bukti Keragaman Budaya

Rumah Bubungan Tinggi merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Kalimantan Selatan. Ciri khas rumah adat ini terletak pada struktur bangunannya yang tinggi dan kokoh.

Rumah Baloy merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Kalimantan Utara. Pembangunan rumahnya terinspirasi dari rumah adat suku Tidung yang juga terletak di Kalimantan Utara. Ciri khasnya adalah arsitektur bangunannya yang lebih indah dibandingkan rumah adat lain di Kalimantan.

Rumah Pewaris merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara. Rumah waris ini merupakan rumah Welawangkoa atau rumah warisan nenek moyang.

Rumah Tambi merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tengah. Rumah Tambi berbentuk persegi panjang dengan arsitektur rumah panggung. Bahan dasar yang digunakan untuk membangun rumah ini adalah kayu asli dan batu alam.

Alasan Rumah Tradisional Indonesia Ternyata Tahan Gempa

Rumah Buton merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Rumah adat ini dibangun empat lantai dan hanya menggunakan pengait kayu, tanpa peniti dan paku.

Rumah Tongkonan merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Rumah ini mempunyai ciri-ciri yang sangat mencolok, terutama bagian atapnya. Atap rumah ini berbentuk seperti perahu terbalik dan juga terlihat tanduk kerbau di atasnya.

Rumah Dulohupa merupakan rumah adat Gorontalo. Rumah Dulohupa mempunyai gaya atap hiasan dan struktur bangunan menyerupai rumah panggung pada umumnya. Bahan bangunan rumah ini sebagian besar berasal dari alam.

Rumah Baileo merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi maluku. Rumah Baileo berukuran besar karena rumah ini digunakan tidak hanya sebagai tempat tinggal tetapi juga untuk acara refleksi dan hiburan. Selain itu, terdapat ruangan khusus untuk menyimpan benda-benda pusaka suci.

Bentuk Keragaman Budaya Bangsa Di Wilayah Indonesia, Materi Kelas 5 Sd

Rumah Sasadu merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Maluku Utara dan keunikan konstruksi rumah ini terlihat dari banyaknya pintu yang ada pada rumahnya. Terdapat enam pintu pada rumah ini dan masing-masing pintu memiliki fungsinya masing-masing.

Rumah Honai merupakan rumah adat Papua. Rumah ini terbuat dari kayu dan jerami. Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya yang minimalis dan sempit.

Rumah Mod Aki Aksa merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Papua Barat. Rumah adat ini sering juga disebut dengan rumah kelabang karena terdapat banyak penyangga pada bagian bawah rumah adat ini.

Baca Juga  Tempoyak Berasal Dari

Enam+ 00:44 VIDEO Gulir ke Atas: Luka Doncic membuat sejarah NBA baru saat Dallas Mavericks mengalahkan Detroit Pistons

Menjaga Kelestarian Rumah Adat Di Nusantara

Enam+ 01:00 VIDEO: Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem sedang diselidiki setelah klaim hasil F1 di Arab Saudi diperbaiki

Mahfud Md: Megawati dorong dibentuknya pengadilan angket dan kasus pemilu tapi tak merasa perlu campur tangan 38 menit yang lalu

Hasil PLN Mobile Proliga 2023 hari ini: Firma Fastron Pertamina Jakarta di Puncak, Bandung Tuan Rumah BJB Tandamata Libas

VIDEO: Jakarta BNI 46 akhiri putaran pertama PLN Mobile Proliga 2023 dengan kemenangan atas Bank Palembang Sumsel Babel

Rumah Gadang: Asal Daerah, Keunikan, Dan Fungsinya

Foto: Arsenal menjadi tim Inggris pertama yang menang dengan selisih 5 gol atau lebih dalam tiga laga tandang berturut-turut

Foto: Barcelona mengalahkan Mallorca dengan tipis di LaLiga berkat gol pemain berusia 16 tahun, mengalahkan Girona dan mendekati Real Madrid

Foto: Malut United mendapat promosi ke Liga 1 setelah mengalahkan Persiraja di laga perebutan tempat ketiga. Liga Pegadaian 2 2023/202438 Rumah Adat di Provinsi-Provinsi di Indonesia, Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya – Dikenal sebagai negara dengan geografi yang luas, Indonesia juga terkenal dengan populasi penduduknya yang beragam serta keunikan budaya dan tradisinya yang masih lekat.

Salah satunya adalah rumah adat. Rumah adat merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang menunjukkan kekayaan budaya Indonesia.

Penjelasan Rumah Adar Madura Beserta Komponen, Material, Dan Filosofi

Setiap daerah di Indonesia mempunyai rumah adat yang berbeda-beda, bentuk, fungsi dan kegunaannya pun berbeda-beda. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Secara visual bentuk rumah adat di Indonesia sungguh indah dan unik, dan setiap desain rumah adat mempunyai arti tersendiri.

Tujuan dibangunnya rumah adat didasarkan pada adat istiadat dan tradisi masyarakat setempat dan biasanya dilengkapi dengan simbol-simbol tertentu pada saat pembuatannya.

Sebenarnya setiap suku di Sumatera Utara mempunyai rumah adat masing-masing, namun secara nasional rumah adat di Sumatera Utara diwakili oleh Rumah Adat Bolon.

Fakta Unik Dan Keistimewaan Rumah Adat Batak

Rumah Adat Bolon merupakan rumah adat suku Batak. Rumah Adat Bolon berbentuk seperti rumah panggung yang bagian bawahnya digunakan untuk memelihara binatang.

Tiang-tiang rumah terbuat dari balok, dinding dari anyaman bambu, lantai dari papan, dan atap dari ijuk atau jerami.

Rumah ini terdiri dari 4 ruangan yaitu Jabu Bong (Ruang Kepala Keluarga), Jabu Soding (Ruang Anak Perempuan), Jabu Suhat (Ruang Anak Laki-Laki) dan Slack Slabs (Ruang Tamu) Slack Slabs (Ruang Tamu).

Rumah individu

Pesona Unik Rumah Adat Papua