News

Kepriye Carane Nemokake Pokok Pikiran Sajroning Paragraf

×

Kepriye Carane Nemokake Pokok Pikiran Sajroning Paragraf

Share this article

Kepriye Carane Nemokake Pokok Pikiran Sajroning Paragraf – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Kirtya Basa VII 89 Gambar 3. Kebun Binatang Pepeling Surabaya • Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menulis karya seni. • Untuk membantu dalam pengajaran menulis puisi, saya akan menjelaskan langkah-langkahnya di bawah ini. 1. Tentukan topik yang akan ditulis dalam puisi tersebut. Dengan ditentukannya topik, kita akan memiliki representasi dan pikiran kita tidak akan teralihkan. 2. Kumpulkan kata-kata yang berkaitan dengan topik yang telah Anda tentukan. Misalnya topik yang kita pilih adalah tentang permintaan seorang siswa kepada seorang guru. 3. Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata yang terkumpul. 4. Berdasarkan langkah 1, 2 dan 3 di atas kita dapat mengumpulkan desainnya. Kegiatan 4: Menjelaskan Isi Puisi Coba baca puisi di bawah ini dengan cermat, dan jawablah pertanyaannya dalam diskusi kelompok bersama teman-temanmu! INDONESIAKU Oleh : Septika Ratna S. Jamrud Ekuador Namaku Rowa… lautan tak berujung Dari Sabang sampai Merauke Pesona pulau ini… indah dipandang mata Ijo royo-royo menjadi pengalaman bagi hati Susih mblegedhu tukem Jadilah bersama sekarang, bangun kedamaian dan keharmonisan dalam hidup Hanya dalam mimpi Mimpi yang indah dan indah tidak bisa menjadi nyata Sekarang hanya ada debu dan lumpur Cinepeng memiliki keinginan untuk menghargai diri sendiri Terlepas dari orang-orang di dunia.

Kepriye Carane Nemokake Pokok Pikiran Sajroning Paragraf

90 Kirtya Basa VII Aku tidak peduli pada tatanan kebajikan Aku tidak peduli pada kehidupan orang lain Yang ada hanyalah kehidupan yang mulia Lebih mulia dari penderitaan ayahku Meski begitu, inilah duniaku. Kelahiranku Negeri hingga aku mati Negeri orang tuaku Negeri yang kucintai Dalam hatiku seluruh gerak Indonesia…. (Panjebar Semangat No. 35-31 Agustus2013, halaman 40) 1. Nama puisi di atas ? 2. Siapa yang menulis puisi di atas? 3. Apa tema puisi tersebut? 4. Apa pesan moral dari puisi ini? 5. Bahasa apa yang digunakan dalam puisi ini? 6. Menurut penyair, Indonesia itu seperti apa? Ceritakan kisahnya dalam bahasa Anda sendiri! Mendeskripsikan puisi dapat dilakukan secara lisan. Parafrase adalah mengubah kata-kata puisi menjadi kata-kata. Cara: 1. Jelaskan kata-kata yang tertulis dalam puisi itu. Setelah Anda menemukan kata tersebut, Anda dapat menggunakan kamus. 2. Ubah kalimat bahasa pinathok menjadi kalimat sambung 3. Hubungkan satu suku kata ke suku kata lain sebagai kalimat Catatan: Untuk memahami isi puisi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan: 1. Tentukan kata-kata sulit dalam puisi, jika itu adalah sulit untuk mendefinisikan kata – kata kawi, mereka bisa mencarinya di kamus. 2. Pahami arti tulisan pada setiap baris/kolom dan tuliskan dalam sebuah kalimat. 3. Bandingkan makna antar kata dalam kalimat. 4. Perhatikan gagasan utama puisi tersebut. 5. Tuliskan kalimat yang menjadi gagasan utama puisi tersebut. 6. Dari segi formal dapat dikatakan bahwa gagasan yang terpenting adalah pesan moral atau keyakinan dalam puisi.

Baca Juga  Mengapa Kita Harus Bersatu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Buku Bhs. Jawa Sd 6

Kirtya Basa VII 91 Tugas 3 Membuat Teks Mandiri Tugas 1: Membaca Teks Indah Puisi dalam BUMIKU BUMI Ditulis oleh: Ibu Sunami Bumi ini milikku Siapa Ayah Adam dan Ibu Hawa Aku tidak membelinya Aku tidak sewakan. dia Saya menghirup udara dan menghirup air Ramasuk di tulang Mereka memasuki tulang Mili. Akulah yang mewarisi dari ayah baptisku. Bentuk sungai dan gunung. , halaman: 40) Membaca dengan lafal, intonasi, pikiran, dan ekspresi yang baik dan benar! Beberapa teman mencoba membacanya seperti ini: Nama: Kelas/Nomor hilang.

92 Kirtya Basa VII Tugas 2: Menjawab Bagian Puisi 1. Coba jawab pertanyaan ini dengan detail! A. Apa judul puisi di atas? B. Siapa yang menulis puisi di atas? C. Siapa yang memiliki dunia? D. Di paragraf pertama dan kedua, apa yang kami jelaskan? e. Di bagian ketiga dan keempat, apa yang telah kami jelaskan? F. Apa-apaan ini? G. Siapa yang harus melakukannya? H. Jelaskan apa yang Anda lihat dalam puisi itu! 2. Saat menjawab, ulangi isi puisi di atas dengan bahasamu sendiri! 3. Jelaskan pesan moral/iman yang terdapat dalam puisi tersebut! 4. Jelaskan gaya puisi “Bumiku” di atas dengan bukti kalimat yang sesuai dengan kata-kata Anda! 5. Jelaskan bahasa dalam teks di: a. Ciri-ciri bahasa puitis: bukti dalam teks …………………………………. …. .. ……………………………………… b. Bahasa Riningga (entar, saroja, garba): buktinya ada di kata ……………………………. . ………………………………………. C. Tingkat bahasa (language level): bukti verbal ………………………………………. . …… ….. ………………………………………. . … 6. Jelaskan pentingnya karakter dan makna puisi “Negeriku”! A. Pesan Etis/Moral: Buktinya Ada di Kata-kata ……………………………………….. . …. …………………………………….. . …….. B. Pentingnya isi artikel ini adalah sebagaimana adanya: buktinya ada di dalam teks…………………………… .. .. ………………………………………. .. .. …………

Baca Juga  Di Bawah Ini Yang Bukan Merupakan Ciri-ciri Tumbuhan Gymnospermae Adalah

Kirtya Basa VII 93 Tes Kecakapan Pelajaran 5 I. Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih hanya satu jawaban yang benar! 1. Hasil tulisan Jawa yang disusun menurut kaidah guru suku kata, guru bilangan, dan guru musik disebut …. a. kata b. bermain musikc. puisi d. gancaran 2. Hasil karya sastra Jawa yang tidak terikat kaidah guru suku kata, guru bilangan, dan guru musik dan dalam puisi disebut …. a. kata b. bermain musikc. puisi d. gancaran 3. Orang yang menulis dalam bentuk puisi disebut …. a. penyair b. salesc. penulis d. penyanyi 4. Dalam bahasa Indonesia pantun gagrag baru disebut …. a. puisi b. kata c. karya ilmiah d. peribahasa 5. Perhatikan cerita puisi di bawah ini! Waktunya sekolah dimulai, banyak siswa yang memiliki pertanyaan yang sama pada Sabtu pagi ………………… Kata pertama dalam puisi ini adalah …. a. pengenalan suara guru b. Pengantar guru sastra c. awal dari lumaxita d. Pengantar guru bahasa 6. Bahasa yang digunakan dalam puisi adalah bahasa …. a. semangat tinggib. rumah c. Oleh karena itu d. bagogan 7. Untuk memahami apa yang ada di dalam puisi, Anda harus terlebih dahulu memahami …. a. arti kata

94 Kirtya Basa VII b. cara membacac. maksud kalimat d. mendapatkan ide 8. Untuk membaca puisi dengan baik diperlukan …. a. pemahaman bacaanb. memahami teks tertulis c. memahami bentuknya d. memahami isinya 9. Untuk menulis puisi yang baik dan mudah dibaca, Anda harus …. a. kata-katanya manis, lembut b. kata-katanya bagus, mentes c. kata d. mo ilmiyah a 10. Puisi Panjebar Semangat berjudul “Indonesaku” ditulis oleh …. a. Septic Ratna S. b. HM Moersito c. Rama Sudi Yatman d. Ibu Tsunami II. Bacalah puisi ini dengan cermat! APA YANG TERJADI DI PAGI Awan pucat Hal-hal yang gelap Semua orang tidur nyenyak Tanpa tubuh tanpa suara Tidak lama kemudian Malam penuh cahaya Tubuh menghilang tanpa detail. badai, berganti pagi Nyanyian Matahari Matahari terbit kembali Semuanya terjaga Semuanya bergembira Semua binatang cerah Bunga bermekaran kembali Muhammad Khoirunnas

Baca Juga  Pernyataan Yang Tidak Benar Tentang Masa Puber Adalah

Pacelathon 21. Sapa Wae Jenenge Paraga Ing Teks Pacelathon Iku?wangsulan2. Kepriye Watake

Kirtya Basa VII 95 Jawablah pertanyaan ini dengan teliti! 1. Apa judul puisi di atas? 2. Siapa yang menulis puisi di atas? 3. Apa yang digambarkan puisi di atas? 4. Bahasa apa yang kita temukan dalam puisi ini? 5. Jelaskan apa yang Anda ketahui dalam sebuah puisi! 6. Saat menjawab, ulangi isi puisi di atas dengan bahasamu sendiri! 7. Tuliskan pesan moral/iman yang terdapat dalam puisi tersebut!

96 Kirtya Basa VII PELAJARAN 6 POIN PEMBELAJARAN BAGI PENGAJARAN 1.1 Menghargai dan menghayati keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan berbahasa daerah, serta melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk dimanfaatkan 1.1.3 Berdoa . sebelum dan sesudah mempelajari bahasa Anda. 1.1.4 Menggunakan bahasa daerah untuk komunikasi dan perilaku 1.3 Menghargai dan mensyukuri bahasa daerah sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana penyampaian informasi lisan dan tulisan 1.3.1 Menggunakan bahasa daerah sebagai sarana penyampaian informasi lisan dan tulisan ditulis sesuai petunjuk 2.2. Percaya diri dan bertanggung jawab saat menjawab pertanyaan masyarakat tentang makna dan moralitas 2.2.1 Percaya diri dan tanggung jawab dalam memberikan tanggapan pribadi terhadap kabar gembira tembang macapat. 2.2.2 Rasa percaya diri dan rasa hormat saat menyanyikan lagu macapat 3.5 Memahami gaya teks, bahasa, dan pesan moral lagu macapat dan lagu yang dibuat secara lisan dan tulisan 3.5.1 Mengetahui struktur teks lagu macapat. 3.5.2 Mengatur bahasa musik Macapat. 3.5.3 Menyimpulkan pesan moral dari lagu tersebut. 4.5 Menyanyikan dan menjelaskan pesan tembang macapat dan tembang alam 4.5.1 Membaca lirik tembang macapat. 4.5.2 Nyanyikan lagu pujian 4.5.3. Jelaskan pesan lagu tersebut! 4.5.4 Menulis puisi sesuai aturan.

Kirtya Basa VII 97 Mengungkap Kebenaran 1. Bandingkan gambar di bawah ini! Sanggar Dwija Laras SMPN 6 Kediri saat pertandingan di Stadion Negeri Kediri Simak lagunya di bawah ini! Pengetahuan PUCUNG adalah apa yang terjadi

Gagasan pokok paragraf, arti ide pokok paragraf, ide pokok suatu paragraf, gagasan pokok dalam paragraf, ide pokok paragraf, contoh pokok pikiran dalam paragraf, pokok pikiran, menentukan ide pokok paragraf, cara menentukan pokok pikiran dalam paragraf, contoh paragraf ide pokok, ide pokok dalam paragraf, pengertian ide pokok paragraf