Advertorial

Kepedulian Kanang Tingkatkan Layanan Kesehatan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Mutu layanan kesehatan meningkat selama satu dekade kepemimpinan Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono. Komitmen tinggi ditunjukkan Kanang lantaran kesehatan merupakan layanan dasar yang wajib diberikan secara prima oleh pemerintah kepada warganya. ‘’Untuk melindungi warga sejak awal pandemi Covid-19, beliau menginstruksikan penyekatan perbatasan hingga sekarang,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Yudhono.

Berkat ketegasan Kanang, penanganan pandemi di Ngawi terwujud dengan baik. Dinkes diminta konsisten menerapkan manajemen pasien Covid-19 secara prima. Yakni, dengan menerapkan isolasi terpusat di beberapa fasilitas. Seperti gedung Agro Techno Park (ATP) di Ngrambe untuk pasien tanpa gejala. ‘’Sedangkan yang bergejala dirawat di RSUD dr Soeroto,’’ terangnya.

Kanang juga peduli nasib warganya yang kini merantau di luar negeri. Itu dibuktikan dengan pemberian bantuan puluhan ribu masker kepada pekerja migran Indonesia (PMI) Ngawi di Taiwan dan Hongkong. Untuk urusan vaksinasi Covid-19, Kanang telah meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) menyiapkan anggaran khusus. ‘’Vaksinasi bertahap karena jumlah penduduk Ngawi hampir satu juta jiwa,’’ jelasnya.

Di luar penanganan Covid-19, Kanang menelurkan berbagai terobosan. Salah satunya, program Ngawi Ngramut Wong Meteng. Lewat program itu, pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dijamin maksimal oleh pemerintah. ‘’Juga ada program Restu Ibu,’’ imbuh Yudhono.

Kanang juga menyusun Program Selintas Sapu Lipat. Yakni, program pembangunan sosial menyasar masyarakat miskin, sakit, dan telantar. ‘’Berbagai program itu sukses meningkatkan mutu layanan kesehatan masyarakat. Salah satu buktinya, angka stunting di Ngawi menurun tinggal 15 persen,’’ ungkapnya. (rio/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button