AdvertorialMagetan

Kenalkan Kesenian Tradisional dan Makanan Sehat di Perayaan HUT ke-14 Himpaudi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Berbagai jenis kesenian tradisional diperkenalkan kepada sekitar 1.500 siswa PAUD di Magetan Rabu (4/9). Mengambil tempat di GOR Ki Mageti, ribuan siswa itu diajari tentang pendidikan kesenian. Mulai seni karawitan, paduan suara, hingga tari nusantara.

Sebelumnya mereka diajak bergembira bersama dengan mengikuti senam empat sehat lima sempurna yang didukung oleh susu Morinaga dan Sari Roti. Kegiatan itu semua termasuk dalam perayaan HUT ke-14 Himpaudi.

Bunda PAUD Magetan Titik Sudarti Suprawoto yang ada di tengah kerumunan anak begitu antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. ‘’Acaranya semarak sekali. Anak-anak tampak antusias dan tidak ada yang rewel,’’ kata Titik.

[smartslider3 slider=10]

Dalam kesempatan itu, istri dari Bupati Suprawoto tersebut turut serta menghibur anak-anak dengan membawakan tembang karawitan. Sekaligus mengajak seluruh siswa yang ada untuk menyantap makanan olahan sehat dan bergizi hasil kreasi para bunda-bunda PAUD. ‘’Ini sekaligus bisa jadi pendidikan buat anak-anak. Sekaligus mengenalkan kesenian tradisional,’’ ujarnya.

Wabup Magetan Nanik Endang Rusminiarti mengatakan, perayaan HUT ke-14 Himpaudi menjadi momen strategis untuk meningkatkan peran serta orang tua dalam mendidik dan memberikan yang terbaik bagi anak mereka.

Sekaligus meningkatkan kesadaran orang tua untuk selalu mengedepankan pendidikan karakter dan memberikan kebutuhan esensial. Seperti kesehatan gizi dan perlindungannya. ‘’Agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal,’’ tuturnya.

Ketua Himpaudi Magetan Siti Romlah mengatakan, anak-anak tak hanya dikenalkan kesenian tradisional karawitan. Tapi, juga tari nusantara dan budaya literasi dengan menulis di atas kue ulang tahun oleh Wabup Nanik Endang Rusminiarti. ‘’Tidak serta merta merayakan ulang tahun, tapi juga ada unsur pendidikan kepada anak,’’ katanya.

Romlah menambahkan, acara inti dengan makan bersama kreasi sarapan olahan bunda juga memiliki makna tersendiri. Di antaranya supaya anak-anak gemar makan ikan sebagai salah satu sumber protein hewani. Juga, agar anak-anak mendapatkan asupan makanan sehat yang dimasak oleh ibu mereka masing-masing. ‘’Supaya anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup,’’ jelasnya.

Terpisah, Ketua PW Himpaudi Jatim Imam Mahmud menegaskan pentingnya orang tua menanamkan pendidikan karakter sejak dini kepada anak mereka. (bel/c1/her/adv/bar)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button