Ponorogo

Kemensos Handle Total Bantuan Pangan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Beban keuangan daerah terkurangi setelah Kementerian Sosial (Kemensos) meng-handle seluruh pembiayaan bantuan pangan nontunai (BPNT). Jatah bantuan ke sekitar 2.130 keluarga penerima manfaat (KPM) yang selama ini dibiayai APBD bakal dialihkan ke Kemensos. ‘’Kami ingin memenuhi kuota 93 ribu sesuai permintaan kementerian,’’ kata Supriadi, kepala Dinas Sosial, Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos P3A) Ponorogo, Sabtu (9/10).

Supriadi menyebut, ada sekitar 80 ribu KPM di Ponorogo yang selama ini rutin mendapat jatah BPNT dari pusat. Kendati mendapat tambahan pengalihan 2.130 KPM, masih jauh dari kuota 93 ribu. Supriadi mengaku sudah memasukkan 2.254 tambahan KPM ke data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). ‘’Ini pun kuota belum terpenuhi,’’ jelasnya.

Sementara, penyaluran bantuan pangan ke 2.130 KPM itu rencananya dibiayai APBD Ponorogo 2021 sebesar Rp 5 miliar. Dalam rencana kerja dan anggaran (RKA) serta dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) sudah ditetapkan bahwa anggaran itu akan dialihkan. ‘’Saya tidak paham teknis pengalihan dana tersebut. Tim anggaran nanti yang menentukan,’’ ungkap Supriadi. (mg7/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button