Madiun

KemenPAN-RB Visitasi MPP Kabupaten Madiun

Perlu Revolusi Digital

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Pemkab Madiun punya banyak pekerjaan rumah (PR) dari KemenPAN-RB untuk membenahi Mal Pelayanan Publik (MPP). Dalam kunjungannya Rabu (2/9), tim pendamping lembaga negara itu menyoroti berbagai hal.

Mulai sarana dan prasarana (sarpras) hingga tata kelolanya. Baik untuk kepala organisasi perangkat daerah (OPD) maupun instansi vertikal yang melekat. ‘’Ada beberapa prioritas untuk diselesaikan akhir tahun ini,’’ kata Panji Saputra, salah seorang tim pendamping KemenPAN-RB.

Panji belum melihat efektivitas penataan konter MPP. Luasan konter sama, namun jumlah petugasnya berbeda-beda. Hal itu sangat disayangkan. ‘’Jika dapat dimaksimalkan (penataan konter, Red) maka bisa dimanfaatkan oleh instansi lain,’’ ujarnya.

MPP dinilai juga belum ramah untuk penyandang disabilitas. Misalnya, akses masuk gedung atau toilet. Selain itu, MPP diminta melakukan revolusi digital. Salah satunya mengalihkan penggunaan standing banner ke layar monitor informasi. ‘’Dengan tetap melihat jenis layanan yang paling dibutuhkan masyarakat,’’ ucapnya.

Panji menekankan pentingnya efektivitas konter dan interior yang modern. Terlepas marwah pelayanan menitikberatkan pada integrasi dan basis data. Sebab, MPP ibarat pelayanan berkelas plus-plus. Dari sekitar 200 MPP di tanah air, kata dia, masing-masing punya karakteristik berbeda. Ciri khas itu berkaitan jenis layanan yang mayoritas dibutuhkan masyarakat. ‘’Kami berharap Pemkab Madiun juga punya ciri khasnya,’’ tuturnya.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengamini ada beberapa fasilitas yang perlu ditambah. Tujuannya mempersingkat rantai birokrasi pelayanan publik. Sehingga, standar ketentuan KemenPAN-RB bisa terpenuhi. ‘’Baik infrastruktur maupun tata kelola administrasinya,’’ kata bupati.

Kaji Mbing, sapaan bupati, menyebut peningkatan layanan mencakup banyak bidang. Orientasi infrastruktur pada kemudahan pelayanan. Pihaknya akan menyiapkan akses data lewat jaringan sebagai fungsi verifikasi administrasi. ‘’Harapannya akhir tahun ini selesai,’’ ujarnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close