Ponorogo

Kemendagri Setujui Pemekaran Dua Kecamatan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tak lama lagi Bumi Reyog bakal punya dua kecamatan baru. Seiring telah dipenuhinya seluruh syarat administratif untuk melahirkan Kecamatan Kota Lama dan Sumberejo. ‘’Sudah ada persetujuan tertulis dari Kemendagri. Syarat-syarat administrasi dinilai terpenuhi,’’ kata Sekda Agus Pramono Rabu (27/1).

Sejumlah syarat administratif itu antara lain jumlah minimal warga di calon kecamatan baru serta penentuan batas antarwilayah. Agus mengklaim berkas-berkas yang dikirim pemkab ke Kemendagri telah klir. ‘’Tidak ada permasalahan,’’ ujarnya.

Usai mengantongi persetujuan tertulis, pemkab kembali akan menyampaikan rencana pemekaran itu ke DPRD. Rancangan peraturan daerah (raperda) pemekaran menjadi dasar hukum melahirkan Kota Lama dan Sumberejo. ‘’Jadi, nanti tinggal menunggu keputusan dari paripurna,’’ terang mantan pejabat Pemkab Madiun itu.

Anggaran pembangunan fisik untuk dua kecamatan baru sudah dialokasikan di APBD 2021. Agus berharap anggaran tersebut kelak tidak direalokasi untuk menangani pandemi Covid-19. Sugiri Sancoko, calon bupati terpilih yang akan menjabat mulai bulan depan, akan dilapori perihal perkembangan kebijakan tersebut. ‘’Secara teknis akan kami sampaikan perkembangan tahapannya. Selain menunggu persetujuan DPRD,’’ jelasnya. (mg7/c1/naz)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button