Magetan

Kemarau, Debit Air PDAM Aman

MAGETAN – Kemarau tak sampai mengganggu operasional pelayanan air bersih PDAM. Meskipun sumber air baku di Bendungan Gonggang tak mengalir lancar. Karena belum diperbaikinya pintu air bendungan tersebut.

Dirut PDAM Lawu Tirta Welly Kristanto menyatakan, layanan air bersih bagi pelanggan aman. Karena debit air yang keluar hanya 50 liter per detik. Dari situ, hanya sekitar 15 liter yang difungsikan untuk irigasi. Sedangkan, sisanya untuk operasional layanan PDAM. ‘’Yang paling merasakan dampaknya adalah petani,’’ ujarnya.

Belum diperbaikinya pintu bendungan memang mengurangi pasokan air. Kondisi itu diperparah dengan tingginya sedimentasi tanah di pintu air. Sehingga, menghalangi aliran air.

Welly menyebutkan volume air bendungan saat ini tersisa sekitar 1,3 juta meter kubik. Jika air keluar stabil, layanan PDAM bisa aman sampai dengan musim kemarau berakhir. ‘’Kami intens mengecek volume waduk. Penurunannya setiap hari selalu kami pantau,’’ katanya.

Meski begitu, pihaknya berharap pintu bendungan bisa segera diperbaiki. Supaya pasokan air baku saat musim kemarau bisa dikendalikan. ‘’Karena ini aset BBWS Bengawan Solo, jadi mereka yang nantinya memperbaiki,’’ terang Welly. (bel/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button